Mencicipi Manis dan Gurihnya Bareh Rendang, Camilan Tradisional Khas Payakumbuh

Agung Sulistyo
Jumat 17 Juni 2022 12:56 WIB
Mencicipi Manis dan Gurihnya Bareh Rendang, Camilan Tradisional Khas Payakumbuh
Camilah bareh rendang khas Payakumbuh, Sumatera Barat. (Foto: celebrities.id/Instagram @graceliciouskitchen)

PAYAKUMBUH, celebrities.id - Masyarakat tentu sudah familiar dengan rendang, makanan khas Minang yang digadang-gadang sebagai kuliner terenak versi CNN beberapa tahun lalu. Namun, sudahkah Celeb Hitz mendengar dan menyicip bareh rendang?

Mendengar namanya, sekilas mungkin orang-orang akan mengira bareh rendang ini tak jauh beda dengan rendang. Namun, begitu melihat wujudnya, segera tepislah bayangan itu karena bentuknya benar-benar berbeda dengan rendang.

Selain bentuknya yang berbeda, rasa bareh rendang juga sangat berbeda. Jika rendang daging sapi dijadikan lauk, maka baren rendang yang tak lain adalah kudapan memiliki cita rasa manis.

Meski demikian, bareh rendang jadi favorit wisatawan yang singgah di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat. Bareh rendang juga kerap hadir dalam momen-momen penting masyarakat Payakumbuh seperti acara adat dan pernikahan.

Penamaan bareh rendang sendiri rupanya mengacu pada bahan pokok dan proses pembuatannya. Bareh sendiri dalam bahasa Minangkabau memiliki arti beras, sedangkah randang atau rendang diartikan sebagai proses menyangrai makanan.

Bareh rendang dibuat dari beras ketan yang disangrai. Kemudian, diolah dengan gula dan santan untuk campurannya. Sementara proses pembuatannya pun cukup mudah, yakni ketan yang sudah ditumbuk disangrai di atas wajan. Lalu, masukkan gula dan santan.

Pada tahap memasukkan gula dan santan ini butuh kesabaran. Karena, perlu setidaknya 3,5-4 jam untuk melakukan proses tersebut.

Tampilan bareh rendang pun sangat sederhana. Dari proses yang mudah itu, bareh rendang akan terlihat sebagai gumpalan kalis berwarna putih dengan tekstur lunak. Sementara permukaannya terrasa kasar. Untuk cita rasanya sendiri didominasi manis dari gulanya.

Gumpalan ketan tersebut nantinya diletakkan pada sebuah wadah datar dan dibentuk menjadi bulatan atau persegi empat pipih. Untuk ketebalannya sekitar satu centimeter.

Meski rasanya manis, bareh rendang tidak memuat neg. Bahkan, Celeb Hitz yang mencobanya dijamin ketagihan. Untuk harganya pun cukup ekonomis, yakni sekitar Rp20 ribu per paket atau bungkusnya.

Editor : Lisvi Padlilah