Mencicipi Nasi Goreng Kebuli Mangga, Selera Timur Tengah Rasa Lokal

Hana Purwadi
Selasa 30 November 2021 08:14 WIB
Mencicipi Nasi Goreng Kebuli Mangga, Selera Timur Tengah Rasa Lokal
Nasi goreng kebuli mangga khas Probolinggo memadukan cita rasa Timur Tengah dengan mangga Manalagi. (Foto: celebrities.id/Instagram @ bumbumasakbarokah)

PROBOLINGGO, celebrities.id -  Mangga dari Kota Probolinggo menjadi buah khas dari kota yang terletak di Jawa Timur ini. Bahkan mangga menjadi paduan resep kuliner, yakni nasi goreng kebuli mangga.

Sensasi rasa  perpaduan rasa Timur Tengah dengan rasa mangga yang eksotis menjadi pengalaman tersendiri. Jika ingin mencicipi, kuliner unik ini di Rumah Mangga di komplek Taman Manula, Jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo.

Sesuai namanya, di sini bisa menikmati aneka macam  buah mangga asli Kota Probolinggo yang manis dan legit rasanya. 

"Nasi goreng kebuli mangga  ini memadukan cita rasa Timur Tengah dengan mangga Manalagi khas Kota Probolinggo. Dipilih mangga manalagi karena jenis mangga ini kesat dan minim air sehingga tidak basah bila dipadu dengan nasi kebuli," kata penikmatnya, Reni Windi Astuti.

Soal rasa dijamin akan ketagihan karena rasa gurih nikmat bercampur pedas juga ada asam manis dari buah mangga. Bahkan orang nomor satu di Probolinggo menyukainya. 

“Ini kuliner yang sangat mudah dibuat  dan ini cocok dengan Probolinggo yang terkenal dengan penghasil buah manga,” ujar Habib Hadi Zainal Abidin, Wali Kota Probolinggo.  

Untuk bisa menikmati nasi kebuli mangga ini cukup membayar Rp20 ribu per porsinya.

Pembuatan nasi goreng kebuli mangga ini sebenarnya sangat mudah. Bumbu yang pertama disiapkan di antaranya mentega, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan yang pasti bumbu kebuli yang terbuat dari aneka rempah-rempah. Setelah itu masukkan irisan daging kambing, lalu diaduk hingga rata. Baru kemudian dimasukkan nasi putih sesuai dengan takaran dari bumbu kebuli yang dibuat.

Pada saat nasi dilumat, barulah irisan mangga Manalagi atau Arummanis dimasukkan. Jika ingin pedas, bisa dimasukkan tambahan cabai rawit, barulah semuanya diaduk hingga matang.

Saat penyajian, bisa ditambahkan acar yang terbuat dari mangga, ketimun, dan cabai rawit. Nasi goreng kebuli mangga sangat pas jika disantap ramai-ramai bareng keluarga. Ide kuliner ini mendapat respons positif wali kota Probolinggo  karena bisa meningkatkan  potensi alam  Kota Probolinggo. 
 

Editor : Mohammad Saifulloh