Mencicipi Ragam Kecap Nusantara di Pameran Jagantara, Ternyata Indonesia Punya Ratusan Merek Lho!

Siska Permata Sari
Minggu 31 Juli 2022 23:54 WIB
Mencicipi Ragam Kecap Nusantara di Pameran Jagantara, Ternyata Indonesia Punya Ratusan Merek Lho!
Ternyata Indonesia miliki ratusan merek kecap manis. (Foto: celebrities.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, celebrities.id - Pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) menampilkan ragam kebudayaan Indonesia. Mulai dari wastra, kuliner, hingga jajanan lokal yang berada di kawasan pameran di Ashta District 8, SCBD, Jakarta.

Uniknya, pada hari ketiga pameran, ada food testing ‘Kecap Manis’, di mana para pengunjung dapat mencicipi sejumlah kecap Nusantara. Ya, ternyata berbagai daerah di Indonesia memiliki kecapnya masing-masing.

“Kecap testing ini sebenarnya saya pengen mengenalkan bahwa Indonesia punya beragam kecap Nusantara dengan berbagai ciri khasnya masing-masing,” kata Antropolog Makanan sekaligus Alumni MasterChef Indonesia season 8, Hardian Eko Nurseto, saat ditemui MNC Portal di Pameran Jagantara di Ashta District 8, kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Di pameran kali ini, Hardian Eko membawa sepuluh kecap asli dari sejumlah daerah di Indonesia. “Hari ini dibawa ada 10 kecap. Ada dari Tangerang, Bandung, Cirebon, Garut, solo, Semarang, dan lainnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Indonesia sendiri memiliki ratusan merek kecap. “Sebenarnya secara pasti belum tau (jumlah merek). Saat itu pernah (surat kabar) mencatat ada 106 merek. Tapi kalau saya data, itu 186,” ujarnya.

Dia berharap acara seperti pameran Jagantara ini bisa melestarikan keberadaan kecap-kecap Nusantara. “Dengan cara-cara seperti ini menurut saya penting mengangkat kekayaan kecap Nusantara. Kalau enggak, kecap akan semakin berkurang terutama produksi rumahan yang akan semakin terpuruk dan sayang sekali kalau hilang satu per satu,” kata Seto.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa pameran Jagantara (Jaga Warisan Budaya) ini diinisiasi oleh Warisan Budaya Indonesia (WIB) Foundation. Kali ini, pameran telah memasuki hari ketiga. Pameran ini sendiri digelar di Ashta District 8, Jakarta, mulai 30 Juli 2022 hingga 21 Agustus 2022.

Editor : Hadits Abdillah