Mencicipi Soto Sampah Yogyakarta, Menu Ekonomis dan Melegenda

Galih Wisma
Sabtu 17 September 2022 22:35 WIB
Mencicipi Soto Sampah Yogyakarta, Menu Ekonomis dan Melegenda
Soto Sampah memiliki cita rasa yang menggugah selera. (Foto: MPI/Galih Wisma)

YOGYAKARTA, celebrities.id - Kota Yogyakarta menyimpan sejarah kuliner Nusantara yang sudah tidak perlu diragukan kelezatannya.

Selain Gudeg, beragam varian soto bisa ditemukan di Kota Pelajar. Salah satu variannya dilabeli Soto Sampah. Meski namanya terkesan jorok, cita rasanya ternyata menggugah selera.

Pionir Soto Sampah berlokasi di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Saat ini dikelola oleh generasi ketiga sejak didirikan pada 1967.

"Asal usul namanya sendiri karena bumbu kuah sotonya kaya rempah. Racikan sotonya juga terlihat berantakan di mangkok sehingga pelanggan menjulukinya Soto Sampah," kata pengelola Soto Sampah, Wahyu Susilowati.

Isian nan padat dari sotonya terdiri atas sayur kubis, mie putuh, tauge, daun seledri, potongan daging ayam ataupun daging sapi. Kuah bening soto dipadukan dengan nasi putih hangat menambah kesegaran saat disantap.

Penjual juga menyediakan menu pendamping untuk dipilih, seperti aneka gorengan, sate-satean, dan aneka lauk lainnya.

Pelanggan bisa mencicipi Soto Sampah saat warung buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 03.00 dini hari. "Bumbunya terasa. Rasanya enak dan harganya terjangkau," jelas salah satu pembeli, Nugroho.

Satu porsi soto memang terbilang murah, yakni seharga Rp6.000. Menu gorengan dan sate pun hanya dibanderol Rp1.000 per satuannya. Tak heran warung ini sering disinggahi mahasiswa dan wisatawan.
 

Editor : Mohammad Saifulloh