Mendeteksi Gejala Hepatitis Akut pada Anak sejak Dini, Waspadai Warna Air Seni hingga Mata Kuning!

Rizky Pradita Ananda
Kamis 05 Mei 2022 17:36 WIB
Mendeteksi Gejala Hepatitis Akut pada Anak sejak Dini, Waspadai Warna Air Seni hingga Mata Kuning!
Waspada gejala hepatitis, dari air kencing seperti teh hingga mata kuning. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wabah hepatitis terus menghantui Indonesia. Pasalnya, diduga tiga anak telah meninggal dunia akibat oenyakit tersebut. Jadi, tuk kenali gejala hepatitis akut yang menimpa Indonesia, Eropa dan Amerika.

Seperti penyakit lain, hepatitis akut tidak boleh terlambat ditangani. Jika gejala yang timbul dibiarkan terlalu lama, lalu semakin berkembang dan berlanjut ke hilangnya kesadaran. Penyakit ini bisa berakibat fatal, yakni kematian.

Sebagai bentuk kewaspadaan, kita wajib mengetahui apa saja gejala-gejala dari  hepatitis akut yang saat ini terlihat didominasi dialami anak-anak di bawah 16 tahun dan lebih spesifik lagi lebih banyak menyerang anak-anak berumur di bawah 10 tahun.

Melihat dari laporan kasus yang sudah ada, Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K) Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi menjelaskan ada beberapa tanda gejala hepatitis akut misterius yang patut diwaspadai, ia menyebutkan biasanya gejala dimulai dengan gejala gastrointestinal.

“Kita  melihat dari laporan laporan kasus yang sudah ada, bahwa laporannya itu mulainya dengan gejala gastrointestinal terlebih dahulu. Seperti misalnya diare, mual, muntah, sakit perut yang kadang-kadang disertai dengan demam ringan,” kata dr. Hanifah, Kamis (5/5/2022).

 

1
/
2