Mengapa Cincin Pernikahan Dipakai di Jari Manis? Inilah Alasannya

Ahmad Haidir
Senin 06 September 2021 07:13 WIB
Mengapa Cincin Pernikahan Dipakai di Jari Manis? Inilah Alasannya
Penjelasan cincin pernikahan dipakai di jari manis. (Foto: koserjewelers)

JAKARTA, celebrities.id – Selain gaun, cincin kawin adalah salah satu aksesoris yang identik dengan momen pernikahan. Benda tersebut dianggap sebagai simbol bersatunya cinta antara dua pasangan.

Selama ini, sebagian besar orang Indonesia tentu familiar dengan benda yang biasanya disematkan di jari manis tersebut, entah di tangan kiri, namun seringnya di kanan. Ternyata hal tersebut memiliki alasan dan terdapat sejarahnya.

Tradisi bertukar cincin kawin sudah ada sejak peradaban Mesir kuno, Yunani kuno, dan Roma kuno. Semua budaya ini memilih untuk memakai cincin kawin mereka di jari keempat tangan kiri mereka karena mereka percaya ada pembuluh darah di jari ini yang langsung menuju ke jantung.

Tidak mengherankan, jantung dianggap sebagai pusat emosional tubuh. Pembuluh darah yang konon mengalir dari jari keempat ke jantung bahkan dijuluki 'vena amoris' oleh orang Romawi kuno, yang dalam bahasa latin berarti "pembuluh darah cinta"

Walaupun penelitian ilmiah telah membantah hal tersebut dan kebenarannya telah banyak beredar, namun berdasarkan kepercayaan tersebut, maka menyematkan cincin di jari manis tetap dilanggengkan karena memiliki filosofi yang so sweet.

Selain kepercayaan dan filosofi dari peradaban kuno, namun penggunaan jari manis sebagai tempat bersemayamnya cincin pernikahan juga berdasarkan sebuah budaya yang merumuskan fungsi sosial dari setiap jari manusia.

 

1
/
2