Mengenal 5 Jenis Kerusakan Ban Motor, Begini Cara Mengatasinya!

Ahmad Haidir
Kamis 05 Mei 2022 22:33 WIB
Mengenal 5 Jenis Kerusakan Ban Motor, Begini Cara Mengatasinya!
mengenal kerusakan ban motor. (Foto: celebrities.id/Is)

JAKARTA, celebrities.id – Kerusakan yang terjadi pada ban sepeda motor adalah hal yang kerap terjadi, seiring dengan penggunaan kendaraan. Masalah yang paling sering terjadi adalah ban bocor hingga spooring yang tidak pas. 

Meski begitu, sebagai pengguna motor kita sebaiknya mengenali macam-macam kerusakan yang ada beserta penyebab dan cara mengatasinya untuk meminimalisir kerugian material sekaligus demi alasan keselamatan berkendara. 

Oleh karena itu, berikut ini lima jenis kerusakan ban motor beserta cara mengatasinya! 

1. Irregular Wear

Adalah kondisi dimana ban yang aus secara tidak rata dan merupakan salah satu jenis kerusakan pada ban. Yang menjadi penyebabnya yaitu tekanan angin yang berlebih atau kurang pada ban, spooring yang tidak pas, hingga suspensi atau kaki-kaki yang tidak bisa bekerja dengan baik.

Untuk mencegahnya, kamu harus memastikan tekanan angin pada ban harus sesuai dengan standar (tidak lebih ataupun kurang). Jangan lupa juga untuk melakukan spooring atau menyeimbangkan kedudukan roda secara rutin serta memastikan kaki-kaki dan suspensi dalam kondisi yang baik.

 

2. Spot Wear

Jika irregular wear adalah kondisi aus yang tidak merata, spot wear adalah kondisi dimana permukaan ban yang telah rusak di bagian tertentu. Kerusakan yang banyak disebut sebagai ‘ban botak sebagian’ ini biasanya terjadi karena pengemudi motor yang sering melakukan rem mendadak, mengakibatkan balance roda menjadi kurang bagus dan suspensi yang rusak. 

Seiring dengan penyebabnya yaitu rem mendadak, cara mengatasinya adalah pastikan kamu untuk menghindari dan meminimalisir pengereman mendadak saat berkendara, ya.

3. Tread Chipping

Adalah kondisi dimana ban sepeda motor tidak aus, tetapi rusak. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena kondisi jalanan yang tajam dan kasar, atau salah dalam menggunakan tipe ban. Maka solusi terbaik untuk menghindari kerusakan ini adalah kamu harus berhati-hati saat melintasi jalan yang tajam, mengurangi kecepatan dan juga menggunakan tipe ban yang sesuai.

 

4. Tread Cut Penetration

Biasa disebut juga dengan ban sobek, kerusakan jenis ini biasanya terjadi karena ban motormu yang tidak sengaja melindas benda tajam. Karena disebabkan oleh benda tajam, maka kamu perlu berhati-hati saat melintasi jalanan yang rusak atau berlubang, atau malah sebaiknya menghindari kondisi jalan yang demikian. 

5. Cut Burst

Adalah jenis kerusakan yang paling parah yang menyebabkan ban sudah tidak bisa lagi digunakan. Cut burst juga terjadi akibat ban motor yang melindas benda tajam atau tekanannya yang terlalu tinggi, sama seperti tread cut penetration. 

Dengan demikian untuk menghindari cut burst sama seperti Tread Cut Penetration yakni berhati-hatilah saat melintas di jalan yang rusak dan sebaiknya menghindari. Jangan lupa juga untuk menjaga agar tekanan angin ban tetap stabil.

Editor : Hadits Abdillah