Mengenal 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan, Baik Bagi Tulang dan Cegah Kanker

Hasyim Ashari
Sabtu 14 Mei 2022 16:58 WIB
Mengenal 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan, Baik Bagi Tulang dan Cegah Kanker
Manfaat ikan nila bagi kesehatan. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Sering dijumpai di berbagai rumah makan dan mudah diolah sendiri membuat ikan nila dijadikan sebagai makanan favorit banyak orang. Selain lezat, tampaknya ada manfaat ikan nila yang bisa didapatkan.

Rupanya, ikan nila memiliki kandungan kadar lemak, kolesterol baik, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Vitamin B12 yang terkandung dalam ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh. Bahkan, ikan nila adalah sumber vitamin D dan protein yang tinggi.

Dilansir dari Stylecraze, Sabtu (14/5/2022) berikut manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh:

1. Baik untuk tulang

Ikan nila baik untuk tulang. Sebab, ikan nila mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolagen ikan nila tipe 1 sangat berguna dalam pengobatan regeneratif. Ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam membantu regenerasi sel tulang di laboratorium.

2. Cegah kanker

Seperti beberapa jenis ikan lainnya, ikan nila mengandung selenium dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Tak hanya itu, selenium juga dapat mengurangi aktivitas radikal bebas dan melindungi diri terhadap stres. Alhasil,  kandungan ikan nila dapat menghambat mutasi sel sehat menjadi sel kanker.

3. Baik untuk otak

Mengkonsumsi ikan nila dapat meningkatkan fungsi otak karena mengandung omega 3 yang melimpah sehingga meningkatkan fungsi neurologis dan memiliki sifat neuroprotektif.

Ikan nila juga kaya akan selenium yang terbukti melindungi otak dari berbagai penyakit seperti alzheimer, parkinson, dan epilepsi. Hal ini dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak yang membantu menyeimbangkan cairan ke seluruh tubuh.

4. Melindungi jantung

Manfaat kesehatan lain dari ikan nila adalah menjaga jantung dengan baik. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, omega-3 dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

5. Cegah penuaan

Ikan nila mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik untuk kulit. Kedua kandungan tersebut telah terbukti dapat memperbaiki kulit dan membuat kulit tambah bercahaya.

Tak hanya itu, kedua vitamin tersebut merupakan antioksidan kuat yang berarti mereka membantu mengais radikal bebas berbahaya sehingga membantu mengurangi peradangan dan stres.

Editor : Tia Ayunita