Mengenal Berbagai Jenis Ketombe dan Cara Mengatasinya

Icon CameraLaras Dwi Sasmita
Selasa 22 November 2022 13:53 WIB
Mengenal Berbagai Jenis Ketombe dan Cara Mengatasinya
Mengenal jenis ketombe dan cara mengatasinya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ketombe adalah serpihan putih pada rambut dan disertai dengan gejala seperti peradangan dan kulit kepala yang gatal. Meski merupakan masalah rambut yang mengganggu, tapi bisa diatasi. 

Lantas, bagaimana mengetahui jenis ketombe yang dimiliki?

Melansir Stylecraze, Selasa (22/11/2022), berikut jenis ketombe dan cara mengatasinya

Berbagai Jenis Ketombe

1. Ketombe dengan Kulit Kering

Ketombe sering berkembang pada orang yang umumnya memiliki kulit kepala kering. Kulit kering di kulit kepala bisa disebabkan karena cuaca dingin yang ekstrim (seperti pada bulan-bulan musim dingin) atau keramas rambut yang tidak teratur.

Orang dengan rambut keriting mungkin memiliki kulit kepala yang lebih kering dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Menggunakan sampo sulfat yang menghasilkan banyak busa juga dapat menyebabkan dan memperparah ketombe terkait kulit kering.

2. Kulit kepala berminyak

Kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang berminyak. Terkadang, tubuh Anda mulai memproduksi sebum berlebih (minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous).  Sebum, dalam jumlah normal, dapat membantu melembapkan rambut dan kulit serta menjaganya agar tidak kering. Ini juga dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan tertentu.

Namun, kelebihan produksi sebum ini, yang bisa terjadi karena pubertas, kehamilan, stres, atau keramas yang tidak teratur, bisa menimbulkan masalah. Ketika kelebihan sebum bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati, itu membentuk ketombe.

 

1
/
2