Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan Terfavorit

Bertold Ananda
Kamis 12 Mei 2022 22:16 WIB
Mengenal Bipang Ambawang, Makanan Khas Kalimantan Terfavorit
Menganl Bipang Ambawang. (Foto: celebrities/INSTAGRAM/@bipangambawang)

JAKARTA, celebrities.id- Nama Bipang Ambawang beberapa waktu belakangan ini menjadi viral dan ramai diperbincangkan netizen tanah air. Pasalnya makanan satu ini dipromosikan presiden Joko Widodo sebagai makanan khas Kalimantan Barat.

Mengetahui hal tersebut lantas banyak netizen Indonesia yang tidak memahami  apa makanan Bipang Ambawang? Berikut ini Celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Jumat (06/05/2022) mengenai Bipang Ambawang.

Mengenal Bipang Ambawang

Perlu kamu ketahui bahwa Bipang merupakan sebuah singkatan dari Babi Panggang. Sementara kata Ambawang didapat dari sebuah Kecamatan yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Maka dari itulah makanan tersebut dikenal dengan sebutan Bipang Ambawang.
Meski pidato dari Presiden Joko Widodo mengandung pro dan kontra dari banyak masyarakat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa makan satu ini sangat lezat untuk di santap. Sebab Bipang Ambawang memiliki tekstur kulit luar yang sangat krispy serta dagingnya yang lembut.

Proses Penyajian Bipang Ambawang

Makanan kuliner khas Kalimantan Barat yang lezat ini diproses dengan teknik pemanggangan yang cukup lama yaitu selama 8 jam. Tekstur dari daging yang lembut serta kulit yang krispy dan juicy didapat dari bahan utama babi muda berumur 3 bulan.

Bumbu yang digunakan dalam masakan Bipang Ambawang menggunakan resep rahasia khas Ambawang yang memiliki rasa enak dan lezat. Dalam menyantapnya Bipang Ambawang disajikan bersama kit iu yang memiliki rasa asam manis dan  sambal antuha yang terbuat dari cabai dan terasi

Berapa Harga Bipang Ambawang

Promosi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi pada saat itu membuat banyak orang yang penasaran rasa yang didapat oleh Bipang Ambawang. Lantas makanan satu ini menjadi naik daun dan menjadi makanan ikonik yang lezat untuk dinikmati.

Mengenai soal harga Bipang Ambawang dapat disajikan per porsi maupun per ekor.  Untuk seporsi Bipang Ambawang dijual dengan harga mulai Rp 50.000. Sementara jika kamu ingin menyantapnya bersama keluarga besar maka terdapat opsi perekor yang dijual mulai Rp 2 juta.
 

Editor : Hadits Abdillah