Mengenal Bubur Asyura, Hidangan Khas 10 Muharram

Endricko Putra
Selasa 09 Agustus 2022 14:44 WIB
Mengenal Bubur Asyura, Hidangan Khas 10 Muharram
Resep bubur asyura. (Foto: celebrities.id/Instagram @virgo7278)

JAKARTA, celebrities.id - Bubur Asyura identik dengan hidangan khas 10 Muharram. Setiap orang pun dibuat penasaran dengan rasanya.

Berdasarkan riwayat sejarah, bubur asyura disebut-sebut telah ada sejak zaman Nabi Nuh kala bersama kaumnya selamat atas peristiwa banjir besar. Nabi Nuh memerintahkan kaumnya untuk mengambil dan membuat makanan dari bahan seadanya seperti biji-bijian.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (9/8/2022), berikut celebrities.id telah merangkum bubur asyura yang merupakan hidangan khas 10 Muharram di Indonesia.

Mengenal Bubur Asyura 

Diceritakan bubur asyura telah ada sejak zaman Nabi Nuh. Kala itu, kapal yang membawa Nabi Nuh beserta kaumnya telah berhasil berlabuh setelah sekian lama melewati peristiwa banjir besar tepatnya pada tanggal 10 Muharram.

Nabi Nuh memerintahkan kaumnya untuk berpuasa, juga menyiapkan hidangan berupa bubur yang terdiri dari bahan yang tersedia sepeti biji-bijian sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Saat ini, perayaan hari asyura masih dapat ditemui diberbagai daerah khususnya Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia yang masih sangat kental dalam perayaan hari tersebut ialah Kalimantan Selatan dan masih banyak yang lainnya.

Dalam kalangan suku Banjar, bubur ini diolah dengan 41 jenis bahan lainnya yang kebanyakan merupakan biji-bijian. Mulai dari sayuran, umbi-umbian, dan kacang-kacangan, kangkung, jagung, kentang, juga wortel.

Sementara itu, untuk beberapa daerah lainnya seperti di Jawa barat menyiapkan hidangan bubur asyura yang diolah dari beras, santan kelapa, dan gula aren sebagai pewarna alami sehingga memiliki warna kecoklatan.

Demikian informasi seputar mengenal bubur asyura, hidangan khas 10 Muharram. Simak celebrities.id untuk informasi lainnya.

Editor : Endang Oktaviyanti