Mengenal Bypass Jantung, Operasi yang akan Dijalani Komedian Miing Bagito

Kevi Laras
Sabtu 21 Mei 2022 09:30 WIB
Mengenal Bypass Jantung, Operasi yang akan Dijalani Komedian Miing Bagito
Mengenal operasi bypass jantung yang akan gijalani Miing Bagito. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Miing Bagito yang dikenal sebagai salah seorang komedian dikabarkan akan melakukan operasi bypass koroner atau yang biasa dikenal dengan bypass jantung.

Meski bypass jantung belum familiar di tengah masyarakat karena tindakannya memerlukan bedah atau operasi, tapi perlu diketahui bahwa istilah ini dikenal bagi penderita jantung, adanya penyumbatan darah di area jantung.Ā 

Melansir Mayoclinic pada Sabtu (21/5/2022), operasi bypass koroner menjadi salah satu pilihan pengobatan jika memiliki arteri yang tersumbat ke jantung. Lalu, mengapa hal tersebut harus dilakukan?

Hal tersebut bisa dilakukan ketika seseorang ada dalam situasi darurat seperti serangan jantung dan kemudian dokter akan mempertimbangka banyak hal serta menjelaskan dampak atau efek sampingnya. Adapun pertimbangannya sebagai berikut:

-Anda mengalami nyeri dada parah, disebabkan oleh penyempitan beberapa arteri yang memasok otot jantung, membuat otot kekurangan darah bahkan selama olahraga ringan atau saat istirahat.

-Anda memiliki lebih dari satu arteri koroner yang sakit, dan ruang pemompaan utama jantung ventrikel kiri tidak berfungsi dengan baik.

-Arteri koroner utama kiri, sangat menyempit atau tersumbat. Arteri ini memasok sebagian besar darah ke ventrikel kiri.

-Ketika memiliki penyumbatan arteri tidak dapat diobati dengan prosedur yang melibatkan memasukkan sementara dan menggembungkan balon kecil untuk memperlebar arteri (angioplasti).

-Jika pernah menjalani angioplasti sebelumnya atau penempatan tabung wire mesh kecil (stent) untuk menahan arteri terbuka belum berhasil atau pernah memasang stent, tetapi arteri menyempit lagi.

Namun perlu diketahui, jika operasi bypass koroner (Jantung) tidak memastikan seseorang sembuh dari penyakit jantung.Ā 

"Operasi bypass koroner tidak menyembuhkan penyakit jantung yang menyebabkan penyumbatan, seperti aterosklerosis atau penyakit arteri koroner. Namun, dapat meredakan gejala, seperti nyeri dada dan sesak napas," tulisnya.

Editor : Tia Ayunita