Mengenal Desa Wisata Aeng Tong-Tong Sumenep, Warisan UNESCO yang Miliki Keris Terbanyak di Dunia

Lukman Hakim
Kamis 23 Juni 2022 11:58 WIB
Mengenal Desa Wisata Aeng Tong-Tong Sumenep, Warisan UNESCO yang Miliki Keris Terbanyak di Dunia
Desa Wisata Aeng Tong-Tong Sumenep, warisan UNESCO yang miliki keris terbanyak di dunia. (Foto: ilustrasi/okezone)

SURABAYA, celebrities.id - Warisan budaya Indonesia terutama di Jawa Timur, satu per satu semakin diakui dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO secara resmi menetapkan keris sebagai salah satu benda pusaka warisan dunia kategori non-bendawi pada 2005. 

Kemudian tahun 2014, Kabupaten Sumenep diakui oleh UNESCO sebagai daerah yang memiliki Mpu (pembuat benda pusaka) terbanyak di dunia dan sebagian besar ada di Desa Aeng Tong-Tong. Tahun ini juga masuk dalam nominasi 50 anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) Kemenparekraf yang akan dimumkan pemenangnya di akhir tahun 2022. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap desa ini dapat terpilih menjadi desa ADWI terbaik di Indonesia karena keteguhannya menjaga budaya leluhur melalui ketrampilan khusus membuat keris sebagai Mpu. 

"Kita patut bangga atas pencapaian yang telah dilakukan. Sehingga keberadaan Desa Aeng Tong-Tong ini bisa membuat Sumenep diakui UNESCO sebagai daerah dengan penghasil keris terbanyak di dunia serta Mpu terbanyak di dunia," kata Khofifah Indar Parawansa, Kamis (22/6/2022). 

Desa Aeng Tong-Tong terkenal dengan sebutan Kampung Keris. Desa Aeng Tong-Tong adalah desa yang menjadi rumah bagi 640 Mpu (sebutan bagi perajin keris) di Sumenep. Dan Kualitas mereka bahkan sudah diakui dunia. Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong masuk proses penilaian pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar Kemenparekraf. Setelah sebelumnya masuk di 500 besar, 300 besar, 100 besar, sekarang terpilih 50 besar. 

Saat ini, tinggal menunggu penentuan sebagai pemenang untuk kategori. Diantaranya kategori Daya Tarik Wisata, Homestay, toilet, souvenir, kelembagaan, CHSE, serta Digital dan Konten. Dimana, seperti tahun sebelumnya masing-masing kategori diambil 5 pemenang yaitu juara 1,2,3 dan Harapan 1 dan 2. 

"Kita berdoa nanti bulan Desember 2022 saat pemilihan ADWI, Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong ini akan dipilih oleh Kemenparekraf dan bisa menjadi juara tingkat nasional," tutur Khofifah.

 

1
/
3