Mengenal Festival Qixi, Perayaan Valentine Khas Negeri Panda

Dzakwan Yusuf
Jumat 05 Agustus 2022 13:14 WIB
Mengenal Festival Qixi, Perayaan Valentine Khas Negeri Panda
Mengenal festival Qixi, perayaan Hari Valentine khas Negeri Panda yang berusia dua ribu tahun. (Foto: celebrities.id/Instagram @chinaxinhuanews)

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat China rupanya punya hari spesial tersendiri yang melambangkan kasih sayang. 

Bukan dengan Valentine Day, mereka punya Chinese Valintine Day yang diperingati setiap 4 Agustus, yang disebut festival Qixi. 

Bagi Celeb Hitz yang belum tahu tentang hari valentine negeri Pandai itu, yuk simak penjelasan berikut untuk mengenal festival Qixi.

Bagi orang Indonesia, festival Qixi memang belum populer. Namun, tak sedikit yang sudah mengenalnya. Festival Qixi sendiri merupakan tradisi perayaan Hari Valentina yang hanya ada di China.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022), berikut adalah penjelasan tentang mengenal festival Qixi yang telah dirangkum oleh celebrities.id

Apa itu Festival Qixi

Qixi, disebut juga dengan Hari Valentine Tionghoa, jatuh pada hari ke-7 dalam bulan ke-7 Penanggalan Imlek. Berdasarkan tradisinya, gadis muda akan memamerkan keterampilan seni mereka, terutama seni mengukir melon. Pada hari perayaan tersebut, para perempuan ini dapat memohon agar bersuamikan pria yang baik.

Mengenal festival Qixi, Perayaan Valentine di China yang berusia dua ribu tahun. (Foto: celebrities.id/Instagram @punk_maharaja.ai.lab)
Mengenal festival Qixi, Perayaan Valentine di China yang berusia dua ribu tahun. (Foto: celebrities.id/Instagram @punk_maharaja.ai.lab)

Festival Qixi telah dirayakan lebih dari dua ribu tahun. Perayaan festival Qixi ini berasal dari kisah romantis legendaris dari dinasti Han. 

Legenda di balik Hari Valentine China ini berawal dari kisah sepasang kekasih yang bernasib sial. Zhinhu, gadis penenun dan juga merupakan putri seorang dewi yang kuat, dan Niulang, yang merupakan gembala sapi yang rendah hati. Keduanya dikisahkan jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Festival ini dirayakan dengan cara yang bermacam-macam. Secara tradisional, para perempuan akan mengenakan Hanfu (pakaian tradisional Tiongkok yang memiliki jubah panjang bergaris dengan lengan longgar dan ikat pinggang). Merekan akan menghabiskan hari dengan menyiapkan persembahan mulai dari sajian teh, anggur, bunga, dan berbagai buah-buahan untuk disantap.

Untuk di era modernnya sendiri, hanya sedikit kebiasaan yang tersisa dari perayaan Festival Qixi tradisional ini. Hal ini karena festival tersebut semakin dipublikasikan dan dimanfaatkan, dengan banyaknya pasangan yang merayakannya dengan berkencan dan saling memberikan hadiah pada hari perayaan tersebut.

Itulah penjelasan tentang mengenal festival Qixi. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id.

Editor : Lisvi Padlilah