Mengenal Fitur Circle di Twitter, Mirip Fitur Close Friend di Instagram

Bertold Ananda
Jumat 06 Mei 2022 18:23 WIB
Mengenal Fitur Circle di Twitter, Mirip Fitur Close Friend di Instagram
Twitter baru saja memperkenalkan fitur baru bernama Circle bagi para penggunanya. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Twitter baru saja memperkenalkan fitur baru bernama Circle bagi para penggunanya. Fitur Circle Twitter ini sepintas mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.ย 

Lalu, apa keunggulan dari fitur Circle Twitter ini?

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber mengenai fitur Circle Twitter, Jumat (6/5/2022).

Fitur Circle Twitter

Perlu kamu ketahui bahwa fitur terbaru yang dipamerkan oleh Twitter merupakan sebuah mode privasi. Dilansir dari The Verge, Twitter Circle merupakan mode yang memungkinkan pengguna memilih sebanyak 150 orang, baik pengikut maupun non pengikut untuk bergabung ke circle pengguna.

Ketika pengguna merasa ingin mengetwit tanpa membagikannya kepada publik, maka pengguna cukup membuka menu Choose Audience sambil menulis tweet dan memilih fitur Circle Twitter.

Intinya, pengguna bisa bebas berkicau tanpa diketahui publik. Hanya 150 orang saja yang bisa melihat kicauan Anda di kelompok yang lebih kecil.

Fungsi Fitur Circle Twitter

Pada dasarnya, fitur Circle Twitter mirip dengan Close Friend di media sosial Instagram. Orang-orang yang saat ini menjadi anggota Lingkaran Kamu atau Circle tentu akan dapat melihat tweet yang kamu posting ke dalamnya. Akan tetapi mereka tidak dapat menggunakan ikon retweet bawaan untuk membagikannya secara otomatis.
Kendati demikian pada fitur Circle Twitter ini masih terdapat kelemahan. Dalam fitur tersebut pengguna yang masuk dalam fitur Circle Twitter masih dapat menangkap layar atau screenshot maupun download postingan yang dilakukan oleh pengguna.

Kelemahan Fitur Circle Twitter

Fitur Circle Twitter ini ternyata masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya mengenai pemilihan 150 pengguna yang akan masuk dalam lingkungan kelompok tertentu kamu. Apabila kamu sudah memasukan pengguna lain ke dalam fitur Circle Twitter, maka kamu tidak bisa menghapus akunnya dari daftar tersebut. Satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membisukan jika kamu merasa pengguna tersebut mengganggu privasi kamu.

Untuk sekarang ini fitur Circle Twitter tidak hanya tersedia untuk website Twitter, tetapi juga tersedia untuk aplikasi Twitter di Android dan juga IOS.
ย 

Editor : Oktiani Endarwati