Mengenal Gabe Newell, Programmer Video Game Pendiri Valve dan Steam

Iqbal Widiarko
Kamis 04 Agustus 2022 16:08 WIB
Mengenal Gabe Newell, Programmer Video Game Pendiri Valve dan Steam
Mengenal Gabe Newell. (YouTube: NoobFromUA/GABE NEWELL - WELCOME TO THE INTERNATIONAL 2019 - TI9 DOTA 2)

JAKARTA, celebrities.id - Gabe Newell tentu dikenal oleh sebagian orang pecinta game online computer, seperti Dota. Dia merupakan seorang programmer video games dan pebisnis komputer asal Amerika Serikat. 

Newell juga menjadi salah satu pendiri perusahaan Valve, pengembang video game yang telah menciptakan berbagai game seperti Half Life, Portal 2, Left 4 Dead dan Counter-Strike.

Gaben sempat belajar di Harvard pada awal 1980an, namun memilih keluar untuk bekerja di perusahaan Microsoft. Newell mengaku telah belajar lebih banyak dalam tiga bulan pertamanya bekerja untuk Microsoft dibanding belajar selama tiga tahun di Harvard.

Newell berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang miliaran dolar dari teknologi dan industri video game. Dirinya juga terkenal sebagai salah satu pencipta asli sistem operasi Windows di Microsoft.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id telah merangkum sosok Gabe Newell, Kamis (4/8/2022).

Mengenal Gabe Newell

Gabe Logan Newell lahir di Seattle, Amerika Serikat, 3 November 1962. Dirinya adalah salah satu pendiri dan direktur pelaksana saat ini dari perusahaan pengembangan game independen Valve Software. 

Newell remaja berkuliah di Universitas Harvard pada awal 1980an sebelum memutuskan keluar demi bergabung dengan Microsoft, dimana dirinya membantu menciptakan program komputer pertama dari sistem operasi Microsoft Windows.

Kemudian bersama Mike Harrington, dirinya meninggalkan Microsoft pada 1996 untuk mendirikan perusahaan bernama Valve. Newell kemudian menikah dengan Lisa Newell dan memiliki dua putra.

Di samping menjadi salah satu miliarder top di dunia dari perusahaan game dan teknologi, Newell mempunyai koleksi pisau yang cukup mengesankan. Mengutip dari laman web Gamingbolt, setidaknya dia mempunyai lebih dari 600 pisau, dengan jenis wakazashi dan sai.

 

1
/
2