Mengenal Gangguan Pica, Penyakit Mental yang Suka Menelan Benda Asing 

Muhammad Sukardi
Selasa 20 September 2022 10:57 WIB
Mengenal Gangguan Pica, Penyakit Mental yang Suka Menelan Benda Asing 
Mengenal gangguan pica. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Fenomena menelan benda asing bukan hal baru di masyarakat. Banyak kasus telah terjadi, mulai menelan uang logam, koin, kelereng, baterai, paku, bahkan benda logam tajam yang dapat merusak organ dalam tubuh. 

Kejadian menelan benda asing seperti ini bahkan pernah dibuat film berjudul 'Swallow'. Di film tersebut, dijelaskan betul bagaimana motif seseorang kepikiran untuk menelan benda asing itu yaitu kepuasan diri sendiri terlebih jika benda asing itu bisa lolos dari proses pencernaan di tubuh. 

Namun, demi alasan apapun kebiasaan menelan benda asing tidak boleh dianggap wajar. Apalagi pada kasus dengan alasan ingin melukai diri sendiri. Kebiasaan ini perlu dicegah karena benar-benar mengancam nyawa. 

Dalam dunia kesehatan mental, Menurut Psikiater Ken Yeager, Ph.D., gangguan mental suka menelan benda asing dinamakan Pica. Ini tergolong dalam kategori eating disorder. 

"Pica adalah kebiasaan memakan sesuatu yang tidak disebut sebagai makanan. Ini sering terjadi dengan gangguan kesehatan mental lainnya seperti cacat intelektual, gangguan spektrum Autisme, atau Skizofrenia," kata Yeager, dikutip dari Men's Health, Selasa (20/9/2022). 

 

1
/
2