Mengenal Gejala Wabah Hepatitis yang Misterius, Mirip Covid-19?

Kevi Laras
Kamis 05 Mei 2022 09:25 WIB
Mengenal Gejala Wabah Hepatitis yang Misterius, Mirip Covid-19?
Mengenal gejala wabah Hepatitis yang misterius. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kemunculan wabah Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di dunia memicu rasa khawatir masyarakat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sejumlah gejala yang perlu diwaspadai oleh orangtua terhadap anak.

Sebelumnya, tiga anak meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta, diduga terjangkit Hepatitis misterius. Namun, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid bisa menyebut hal itu sebagai Hepatitis. 

"Belum, seperti WHO sampaikan Hepatitis akut yang  belum diketahui penyebabnya," ujar kata dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid kepada MNC Portal, Rabu (4/5/2022).

Namun, Nadia meminta masyarakat untuk mewaspadai beberapa gejala, antara lain gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.

Sejauh ini, penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium di luar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut. 

Sementara, gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah) tapi sebagian besar kasus, tidak ditemukan adanya gejala demam.

Lantas seperti apa gejala Covid-19? 

 

1
/
2