Mengenal Halima, Prajurit Perempuan Amerika yang Fasih Bahasa Indonesia

Muhammad Sukardi
Rabu 08 September 2021 23:51 WIB
Mengenal Halima, Prajurit Perempuan Amerika yang Fasih Bahasa Indonesia
Sersan Halima asal Amerika fasih berbahasa Indonesia. (Foto: TNI AD)

JAKARTA, celebrities.id – Belakangan publik dihebohkan dengan kehadiran Halima, seorang prajurit Amerika Serikat. Bukan karena paras atau kemampuan tempurnya, namun kelihaiannya berbahasa Indonesia. 

"Guru saya beri nama saya Halima karena saya bisa berbahasa Indonesia," katanya di awal video TNI Angkatan Darat (AD) yang dibagikan di Youtube belum lama ini.

Meski mengucapkan bahasa Indonesia, namun intonasi suara Sersan H Fairchild masih terasa seperti orang asing. Ya, mirip kebanyakan turis bule yang coba berbicara bahasa Indonesia.

Halima, kita menyebutnya sekarang, adalah seorang sersan asal Amerika Serikat yang diberi tugas sebagai penerjemah saat pasukan AS datang ke Indonesia. Dia mengaku begitu senang saat ditugaskan datang ke Indonesia.

"Saya senang sekali bertugas di sini (Indonesia) dan saya gembira sekali, karena saya bisa datang ke sini. Saya sudah belajar banyak dan saya bisa menggunakan bahasa saya dan saya bisa bertemu dengan orang yang berasal dari sini dan beberapa pulau, dan saya akan bertugas bekerja sama dengan TNI AD," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Halima mengaku memerlukan waktu setahun untuk belajar Bahasa Indonesia, termasuk budaya yang dimiliki Indonesia. Baru kemudian dia diterbangkan ke Indonesia untuk program kerja sama.

Ada pengalaman menarik yang dirasakan Halima saat pertama kali bertemu tentara AD Indonesia. Ya, saat para tentara Indonesia itu tahu jika dia bisa berbahasa Indonesia, reaksi kaget selalu muncul dan Halima merasakan itu di setiap kali momen dia berbicara Bahasa Indonesia.

"Saya berbicara ke tentara AD Indonesia, 'Oh saya bisa berbicara Bahasa Indonesia', mereka berkata 'WHAAAAA! Tetapi Anda mempunya kulit putih, Anda bisa bicara Bahasa indonesia'. Saya berkata, 'Ya, saya bisa. Saya ke sini bekerja sebagai penerjemah'," ceritanya diakhiri senyum tawa.

Dan kejadian ini berulang kali terjadi setiap Halima berkumpul di kelompok TNI AD lainnya dan tentara tersebut selalu kaget saat tahu dia fasih berbahasa Indonesia. Namun, baginya itu adalah kesempatan yang bagus sehingga orang-orang paham bahwa dia memang bisa dan mengerti Bahasa Indonesia.

Pada sesi rapat Staff Exercise (Staffex) Latma Garuda Shield 15/2021 misalnya, peran Halima sangat diperlukan karena ada beberapa kata atau makna yang sulit untuk diterjemahkan dan memiliki arti yang jika salah ditafsirkan akan berisiko misleading.

"Ada kata-kata yang sulit atau rumit dalam Bahasa Inggris dan saya akan terjemahkan dan saya coba mencari kosa kata yang lebih baik (mudah dimengerti)," ucapnya.

#Bangga Bertemu dengan KSAD Andika Perkasa

Halima mengaku pertemuannya dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama istrinya, adalah sesuatu yang membanggakan. Pengalaman yang sangat jarang terjadi dalam hidupnya karena dia merasa 'levelnya' ada di bawah sedangkan sosok yang ditemui sudah jauh di atas.

"What, saya akan bertemu dengan KSAD? Dia dengan pangkat tinggi sekali dan bertugas tinggi sekali, sedangkan saya hanya rendah sekali. Itu adalah kesempatan yang baik sekali tetapi saya cukup gugup dan khawatir karena dia (orang) penting sekali," kata Halima.

Di video yang sudah ditonton 1,5 juta kali tersebut pun Halima mengungkapkan betapa bangganya dia bisa bertemu dengan KSAD Andika Perkasa.

"Beliau baik sekali. Dia ramah hati dan dia mau bertemu dengan saya dan berkenalan dengan saya. Saya pikir itu baik sekali, itu adalah kesempatan mungkin terbaik," katanya.

 

1
/
2