Mengenal Hari Juneteenth, Simbolis Berakhirnya Perbudakan di Amerika Serikat

Mutiah Nur Rahmah
Selasa 21 Juni 2022 12:34 WIB
Mengenal Hari Juneteenth, Simbolis Berakhirnya Perbudakan di Amerika Serikat
Mengenal hari Juneteenth. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Hari Juneteenth diperingati sebagai hari libur bagi masyarakat yang tinggal di Amerika Serikat. Juneteenth untuk memperingati berakhirnya hari perbudakan yang pernah dialami masyarakat di sana. 

Hari Juneteenth juga dikenal sebagai hari emansipasi. Pada hari itu, warga Amerika biasanya membuat bentuk perayaan dengan cara berdoa atau beribadah sebagai rasa syukur, pidato agama, acara pendidikan, bertemu dengan keluarga atau piknik. Biasanya juga terdapat festival yang di dalamnya berisi festival makanan, hiburan berupa musik atau tarian.

Tak hanya di Amerika Serikat, Juneteenth juga dirayakan di luar Amerika Serikat. Selain sebagai memperingati berakhirnya perbudakan, hari itu juga diperingati untuk merayakan budaya dan pencapaian yang telah dilalui antara negara Afrika Amerika.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (21/6/2022), berikut awal terbentuknya hari Juneteenth.

Mengenal Hari Juneteenth

Saat terjadinya perang saudara pada 1 Januari 1863, Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln mengeluarkan deklarasi sebagai proklamasi emansipasi. 
Dokumen itu ditujukan untuk membebaskan semua warga Amerika Serikat yang diperbudak akibat konfederasi (gabungan beberapa negara untuk suatu kepentingan), sebagai alasan untuk memisahkan diri dari negara Uni Soviet.

Namun bukannya berakhir, proklamasi emansipasi yang dikeluarkan tidak pernah dimaksudkan untuk mengakhiri perbudakan karena kepercayaan populer saat itu. Di mana negara-negara di utara yang melegalkan perbudakan, seperti Missouri dan Delaware. Orang-orang Black Northern yang memilih bebas bahkan tidak diberikan kewarganegaraan Amerika.

Sedangkan jika di negara selatan proklamasi ditujukan sebagai hadiah dari suatu hukuman. Dengan maksud, apabila negara yang sebelumnya memisahkan diri memilih untuk kembali ke Uni sebelum 1 Januari maka hal itu membuat perbudakan tidak menjadi ilegal. Namun jika menolak untuk kembali sebelum tanggal itu, maka orang-orang yang diperbudak akan dinyatakan bebas dengan paksa.

Mereka warga Konfederasi tidak lagi mengakui otoritas Lincoln sebagai presiden tetapi menyerahkan seluruhnya kepada presiden konfederasi, Jefferson Davis. Bahkan berita mengenai proklamasi emansipasi sebagai pembebasan para budak sempat terhambat dari orang-orang Texas.

Pada, 19 juni 1865 Mayor Jenderal Gordon Granger tiba di Galveston, Texas, dengan membawa sekitar 2 ribu tentara Union dan pesan bahwa perbudakan tidak akan lagi ditoleransi di negara bagian.

Sejak saat itu, hari dibebaskannya perbudakan diperingati dan dikenal sebagai hari Juneteenth, yang berarti June (Juni) dan neteenth/nineteen (19) menjadi hari simbolis berakhirnya perbudakan bagi warga Amerika.

Itu dia arti dan awal mula diperingatinya hari Juneteenth yang telah dirangkum celebrities.id, ikuti terus berita dan informasi lainnya, hanya di celebrities.id.

Editor : Tia Ayunita