Mengenal Hubungan Poliamori, Mirip seperti Selingkuh tapi Diizinkan

Icon CameraHasyim Ashari
Selasa 24 Januari 2023 14:01 WIB
Mengenal Hubungan Poliamori, Mirip seperti Selingkuh tapi Diizinkan
Mengenal hubungan poliamori. (Foto: celebrities.id/Washington Post)

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal hubungan Poliamori yang terbilang cukup unik. Sebab, mereka yang menjalani hubungan poliamori bukan hanya mencintai lebih dari satu orang, juga menjalani hubungan dengan lebih dari satu orang.

Melansir dari Washington Post, Selasa (24/1/2023), pengertian Poliamori adalah bentuk non-monogami konsensual yang berarti ketika orang memiliki lebih dari satu pasangan seksual atau romantis sekaligus dengan izin semua pasangan.

Sebuah studi 2021 di Frontiers in Psychology menemukan bahwa satu dari sembilan orang dewasa lajang Amerika terlibat dalam poliamori.

Mengenal hubungan Poliamori

Berbeda dengan poligami, hubungan poliamori tidak harus diikat dengan pernikahan. Negara pertama yang secara resmi mengakui hubungan Poliamori, yakni Amerika Serikat pada 2020.

Secara hukum di Amerika Serikat, hubungan Poliamori tidak dapat menikahi semua pasangannya. Karena hal tersebut dianggap tindakan ilegal dan menyalahi aturan.

Dalam hubungan poliamori, masing-masing pasangan mengetahui dan menyetujui bahwa pasangannya berpacaran atau menjalin hubungan spesial dengan orang lain. Persetujuan pasangan menjadi kata kunci yang membedakan hubungan ini dengan selingkuh.

Hubungan poliamori bisa saja memiliki hierarki. Artinya, dalam hubungan tersebut ada pasangan utama atau pihak yang lebih diprioritaskan dibandingkan pasangan lainnya. 

Namun, tak menutup pula kemungkinan pasangan dalam hubungan tersebut memiliki derajat yang sama.

Editor : Endang Oktaviyanti

Follow Berita Celebrities di Google News