Mengenal Jampersal, Layanan Melahirkan Gratis dari Pemerintah

Oktiani Endarwati
Rabu 03 Agustus 2022 14:52 WIB
Mengenal Jampersal, Layanan Melahirkan Gratis dari Pemerintah
Jampersal merupakan program Jaminan Persalinan bagi ibu hamil, melahirkan, dan nifas dari pemerintah. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.idMengenal Jampersal, program Jaminan Persalinan bagi ibu hamil, melahirkan, dan nifas secara gratis atau tanpa dipungut biaya apapun.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir melalui Program Jaminan Persalinan. 

Inpres tersebut ditandatangani pada 12 Juli 2022 dan berlaku hingga 31 Desember 2022. Dalam Inpres tersebut, ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir yang memenuhi kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu serta tidak memiliki jaminan kesehatan akan ditanggung negara.

Adapun pendanaan untuk peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir melalui Program Jampersal dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk mengenal lebih jauh Program Jampersal, berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/8/2022).

Mengenal Jampersal

Program Jampersal bukanlah program baru. Pemerintah sudah merilis program tersebut sejak tahun 2011 lalu.

Mengutip dari laman Pusdatin Kemkes, Jampersal merupakan kependekan dari Jaminan Persalinan, artinya jaminan pembiayaan yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir yang pembiayaannya dijamin oleh pemerintah.

Jampersal merupakan salah satu terobosan yang ditempuh pemerintah dalam usaha menurunkan angka kematian ibu. Terobosan ini penting mengingat masih banyak ibu hamil yang belum memiliki jaminan pembiayaan untuk persalinan. 

Sasaran penerima Program Jampersal adalah ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas yang belum memiliki jaminan pembiayaan persalinan. Adapun pelayanan Jampersal meliputi pemeriksaan kehamilan antenatal care (ANC), pertolongan persalinan, dan pemeriksaan post natal care (PNC) oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan pemerintah.

Sayangnya, layanan Jampersal sempat ditiadakan pada tahun 2014 seiring dengan beralihnya kepesertaan jaminan kesehatan masyarakat ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Kini dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2022 telah ditujukan pada beberapa menteri dan pimpinan Lembaga untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir melalui program jaminan persalinan.

 

1
/
2