Mengenal Kampung Janda, Jumlah Laki-lakinya Tak Lebih dari 10 Orang

Andaru Danurdana
Jumat 11 Juni 2021 14:51 WIB
Kampung Janda di Banjarbaru dihuni tak lebih dari 10 orang laki-laki. (Foto: celebrities.id/Youtube)

Jakarta, celebrities.id – Sebuah perkampungan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mendapat julukan unik yakni Kampung Janda. Bernama asli Kampung Batuah, daerah tinggal ini terkenal karena mayoritas penduduknya yang merupakan perempuan yang sudah ditinggal suami.

Menurut ketua Rukun Tetangga setempat, hanya ada kurang dari sepuluh rumah di kampung itu yang memiliki laki-laki dan sisanya, sekitar 90 persen dihuni oleh perempuan berstatus janda. Bisa ada satu sampai tiga perempuan dengan status janda yang tinggal di satu rumah.

Usia perempuan yang menjanda pun beragam: dari semuda-mudanya 25 tahun hingga umur 50 tahun. Ada banyak faktor para perempuan itu menyandang status janda, dari perceraian hingga ditinggal mati sang suami.

Sebutan Kampung Janda ini berawal dari sebuah banjir yang melanda kampung tersebut. Ketika ada seorang warga yang diwawancara oleh seorang wartawan, dia tak sengaja menyebutkan banyaknya janda yang ada di kampung tersebut.

Sang wartawan pun kemudian menyimpulkan bahwa kampung tersebut pantas dijuluki Kampung Janda. Meski awalnya sang narasumber tidak terima, warga lainnya meminta dia membiarkan saja hingga melekatlah sebutan Kampung Janda itu sampai sekarang, Jumat (11/6/2021).

 

1
/
2