Mengenal Kampung Nasi Goreng, Ada di Desa Jrakah Pemalang

Icon CameraAryanto
Rabu 23 November 2022 07:34 WIB
Mengenal Kampung Nasi Goreng, Ada di Desa Jrakah Pemalang
Mengenal Kampun Nasi Goreng Desa Jrakah Pemalang, Jawa Tengah. (Foto: celebrities.id/Aryanto)

PEMALANG, celebrities.id - Nasi goreng termasuk makanan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta. Namun, tahukah Celeb Hitz ada Kampung Nasi Goreng? Simak ulasannya berikut ini.

Sebagaimana diketahui, sajian kuliner berbahan nasi putih yang digoreng dengan aneka bumbu dari bahan rempah-rempah seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, merica, penyedap rasa dan terasi serta sambal itu sangat mudah ditemui di Jakarta dan kota lainnya. Bahkan, nasi goreng kini identik dengan Indonesia dan dikenal masyarakat internasional selain sate.

Tapi tahukah Anda, jika di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, terdapat Kampung Nasi Goreng?

Jika Celeb Hitz melewati jalan alternatif antara Comal ke Pemalang dari arah selatan, tepatnya masuk Desa Jrakah, Kecamatan Taman, maka anda akan di buat terkesima melihat pemandangan tugu yang di atasnya terdapat patung gerobak nasi goreng.

Desa Jrakah, dikenal sebagai kampung nasi goreng, hal ini lantaran hampir mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai penjual atau pedagang nasi goreng.

Mereka umunya berjualan di perantauan seperti kota Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor, Bali, serta kota-kota lainnya.

Menurut penuturan Ahmad (40), warga asli desa Jrakah yang berjualan nasi goreng di daerah Grogol, Jakarta Barat, tugu nasi goreng di kampungnya sudah dibangun sekitar tiga tahunan lalu.

"Pembangunan tugu nasi goreng sebagai lambang persatuan para pedagang nasi goreng," tuturnya pada tim MNC Portal, Selasa (22/11/2022). 

"Dibangun dengan dana swadaya warga Jrakah yang jualan nasi goreng di Jakarta," tuturnya.

Nah, bagi Celeb Hitz yang penasaran dengan Kampung Nasi Goreng, langsung saja meluncur ke Desa Jrakah di Pemalang, Jawa Tengah.

Editor : Lisvi Padlilah