Mengenal Kandungan Tinta Tato, Berasal dari Pigmen Padat

Stefani Ira Pratiwi
Minggu 18 September 2022 11:14 WIB
Mengenal Kandungan Tinta Tato, Berasal dari Pigmen Padat
Mengenal kandungan tinta tato. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tato sudah menjadi tradisi yang berusia 12 ribu tahun. Berdasarkan data statistik yang diunggah oleh Tattoo Pro, Italia merupakan negara dengan posisi pertama yang memiliki persentase penduduk bertato terbanyak di dunia pada 2021.

Ada sekira 48 persen populasi di sana yang sekurang-kurangnya memiliki satu tato di tubuh mereka. Meski pun begitu, kecintaan penduduk Italia akan tato masih kalah dengan Swedia dan juga Amerika Serikat yang sebagian penduduk bertatonya memiliki lebih dari empat tato dalam tubuh mereka, walaupun di Swedia hanya ada 47 persen populasi dan di Amerika Serikat 46 perssen populasi.

Saat ini, tato bukan hanya digunakan sebagai identitas diri. Namun, tato juga digunakan sebagai sarana untuk mencari nafkah, gaya hidup, dan pernyataan mode. 

Menurut data statistik, kini tato menjadi industri senilai 3 miliar dolar AS yang berkembang pesat. Meskipun begitu, rupanya ada sebuah penelitian yang membuktikan rendahnya tingkat kesadaran pengguna tato akan masalah seputar tato.

Seorang Asisten Profesor Arkeologi Universitas Binghamton yang bernama Dr John Swierk pernah meneliti 100 pengguna tato di Amerika. Dia menemukan ada lebih dari setengah dari mereka yang ternyata tidak memahami kandungan apa yang ada pada tinta tato.

 

1
/
2