Mengenal Kuil Dewi Kuan Im di Sukabumi, Tawarkan Beribadah Khusyu untuk Warga Tionghoa di Imlek 2023

Icon CameraDharmawan Hadi
Sabtu 21 Januari 2023 19:57 WIB
Mengenal Kuil Dewi Kuan Im di Sukabumi, Tawarkan Beribadah Khusyu untuk Warga Tionghoa di Imlek 2023
Kuil dewi Kuan Im di Sukabumi siap sambut perayaan Tahun Baru Imlek. (Foto: celebrities.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, celebrities.id - Warga keturunan Tionghoa siap melakukan perayaan Tahun Baru Imlek. Untuk itu, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa atau yang dikenal dengan nama Kuil Dewi Kwan Im yang berlokasi di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, menawarkan ibadah secara khusyuk untuk warga Tionghoa di perayaan Imlek 2023.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi yang berbatasan dengan pantai Loji, menawarkan suasana yang jauh dari kebisingan dan membuat pengunjung menyatu dengan alam. Hamparan laut lepas terlihat ketika kita berada di atas Kuil Dewi Kwan Im ini.

Vihara yang dibangun pada tahun 2000 tersebut, digagas oleh salah satu warga keturunan negara Thailand. Adapun keunikan vihara ini adalah untuk sampai ke tingkatan paling atas bangunan vihara, pengunjung harus menaiki sekitar 500 anak tangga. 

Anak tangga tersebut diapit sepasang ornamen naga khas Thailand yang berkepala tujuh. Ada pula tujuh altar indah di vihara ini yang masing-masing berada pada satu tingkat yakni Dewi Bumi Nam Hai, Julaihud, Dewi Kwan Im, Padepokan Eyang Semar, Padepokan Prabu Siliwangi, Brahma Catur Muka, dan Padepokan Ratu Pantai Selatan.

Pengurus Vihara Kwan Im, Yugo Abdul Gandi mengatakan, untuk perayaan imlek tahun ini, pengunjung yang datang ke Vihara Dewi Kwan Im masih terbilang sepi. Hal tersebut disebabkan adanya ketakutan pengunjung dengan banyaknya bencana dan adanya gelombang tinggi.

"Karena akhir-akhir ni banyak bencana alam di mana-mana, himbauan dari BMKG juga kan untuk tetap waspada, terus dikabarkan mau ada ini itu dan lain sebagainya, itu kan membuat para pengunjung juga agak-agak gimana gitu," ujar Yugo, Sabtu (21/1/2023).

Lebih lanjut Yudo mengatakan bahwa untuk persiapan imlek, pihak pengurus vihara sudah mempersiapkan tempat-tempat sembahyang dan keperluan Imlek lainnya. Dan untuk pengunjung yang ingin berwisata ke Kuil Dewi Kwan Im ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis 

"Kita sebagai pengurus di sini mempersiapkan tempatnya aja, kan kalau untuk pengunjung gak tau, jarang gak ada undangan siapapun yang datang kemari, atau umat yang datang kemari berarti untuk ibadah bersembahyang di sini monggo silahkan aja," ujar Yudo menambahkan.

Kalau untuk beribadah, lanjut Yudo, di tempat ini akan lebih khusyuk karena suasana kuil menyatu dengan alam. Lokasi berada di pinggir pantai, sehingga deburan ombak atau apa yang terdengar, membuat hati tenang.

"Jadi lebih khusyuk lah pastinya. Jauh dari kebisingan keramaian, apalagi suasana di saat tengah malam, kerasa banget,menyatu banget dengan alam," ujar Yudo.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News