Mengenal Mobil Hybrid dan Perbedaannya dengan Mobil Listrik, Perhatikan Teknologi dan Perawatan

Oktiani Endarwati
Sabtu 18 Juni 2022 21:17 WIB
Mengenal Mobil Hybrid dan Perbedaannya dengan Mobil Listrik, Perhatikan Teknologi dan Perawatan
Mobil hybrid memiliki dua buah mesin sistem penggerak, yaitu motor listrik dan mesin bensin. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.idMobil hybrid merupakan mobil yang memiliki dua buah mesin sistem penggerak, yaitu motor listrik dan mesin bensin. Meski bisa menggunakan listrik, ada perbedaan yang signifikan antara mobil hybrid dan mobil listrik murni yang harus dipahami masyarakat. 

Secara umum, mobil listrik hanya mengandalkan energi listrik yang disimpan pada baterai besar yang ada di mobil.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/6/2022), mengenai mobil hybrid dan perbedaannya dengan mobil listrik.

Mengenal Mobil Hybrid

Mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaganya. Hal ini berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya yang hanya menggunakan mesin bensin sebagai sumber tenaga. 

Mobil hybrid mengabungkan mesin konvensional berbahan bakar minyak dan motor listrik yang disokong baterai. Baik mesin konvensional dan motor listrik, saling berpadu dalam menggerakkan mobil. 

Sumber tenaga pada mobil hybrid memang tidak digunakan langsung, melainkan bergantian dengan mesin bensin sebagai sumber utama dan mesin baterai sebagai sumber energi cadangan. Penggunaan sumber tenaga pada mobil hybrid juga akan menyesuaikan situasi yang ada. 

Pada saat mobil bergerak lambat, sumber tenaga pada mobil hybrid akan menggunakan motor listrik yang berasal dari baterai. Sementara jika mobil berjalan lebih cepat di atas 40 km per jam, maka mesin bensin yang akan mengambil alih menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai.  

Teknologi mobil hybrid sebenarnya bukan teknologi yang baru. Pada tahun  1902, seorang pria bernama Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin hybrid seutuhnya yang diberi nama ‘Mixte’. Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. 

Selanjutnya pada 1997, mobil hybrid komersial pertama pun diproduksi oleh salah satu brand mobil ternama yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun itu.

Kini mobil hybrid diklaim sebagai kendaraan alternatif yang lebih ramah lingkungan dan dapat menghemat bensin lebih lama. Banyak mobil hybrid yang memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional. 

Selain itu, saat ini sudah banyak para montir terlatih untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin pada mobil hybrid. Hal ini tentu bisa menghemat biaya pengguna mobil dari segi bensin hingga perawatan.

 

1
/
2