Mengenal Mubaligh, sang Penyampai dalam Ajaran Islam

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 23 November 2022 16:09 WIB
Mengenal Mubaligh, sang Penyampai dalam Ajaran Islam
Mengenal mubaligh dalam Islam. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal mubaligh dalam Islam dapat menambah pengetahuan kamu lebih luas lagi tentang ilmu agama yang dimuliakan Allah SWT ini. 

Mubaligh dalam masyarakat sering juga dikenal dengan istilah da’i. Seorang da’i akan selalu menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang bermanfaat melalui sebuah dakwah.

Seorang mubaligh akan selaras dengan sejarah kehidupan yang melatarbelakangi kepribadian, perjuangan, keberhasilan yang diraihnya bahkan aktivitas dan pemikirannya. Seorang mubaligh juga sangat dianjurkan mempunyai ilmu yang cukup dan konsisten menjalankan ajaran Islam di dalam kehidupannya sehari-hari.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (23/11/2022) telah merangkum mengenal mubaligh, seperti berikut.

Mengenal Mubaligh

Merujuk pada jurnal ilmiah bertajuk “Persiapan Mubaligh Dalam Mengemas Materi Tabligh oleh Marhen, kata mubaligh berasal dari kata balagha, yuballighu, bulughan yang artinya “yang menyampaikan”.

Dapat dimaknai mubaligh merupakan orang yang menyampaikan, merupakan isim maf’ul dari kata ballagha-yuballighu tablighan dengan pengertian orang yang melakukan tabligh atau penyampaian. Seorang yang diperintahkan Allah SWT untuk menyampaikan ajaran Islam kepada segenap manusia lainnya.

Dalil tentang Mubaligh

1. Surat An-Nisa’ ayat 63

اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ يَعۡلَمُ اللّٰهُ مَا فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ فَاَعۡرِضۡ عَنۡهُمۡ وَعِظۡهُمۡ وَقُلْ لَّهُمۡ فِىۡۤ اَنۡفُسِهِمۡ قَوۡلًاۢ بَلِيۡغًا

Latin:
Ulaaa'ikal laziina ya'la mullaahu maa fii quluubihim fa a'rid 'anhum wa 'izhum wa qul lahum fiii anfusihim qawlam baliighaa

Artinya:
Mereka itu adalah orang-orang yang (sesungguhnya) Allah mengetahui apa yang ada di dalam hatinya. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka nasihat dan katakanlah kepada mereka perkataan yang membekas pada jiwanya.

 

1
/
2