Mengenal Musik Kasidah, Seni Suara Bernapaskan Islam

Oktiani Endarwati
Kamis 23 Juni 2022 13:57 WIB
Mengenal Musik Kasidah, Seni Suara Bernapaskan Islam
Mengenal musik kasidah, seni suara yang bertemakan agama Islam atau dakwah Islam. (Foto: celebrities.id/Instagram @nasidariasemarang)

JAKARTA, celebrities.id – Banyak yang ingin mengenal musik kasidah setelah grup musik asal Semarang, Jawa Tengah, yakni Nasida Ria, tampil dalam festival musik di Jerman, Documenta Fifteen pada 18 Juni 2022.

Grup kasidah beranggotakan sembilan orang perempuan ini menyanyikan lagu Perdamaian yang disambut antusiasme penonton. Berita tersebut menjadi viral sekaligus membanggakan. Apalagi grup musik kasidah modern asal Semarang ini terus mengikuti perkembangan digital.

Lalu, seperti musik kasidah itu? Dari mana asal musik kasidah?

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022), mengenai grup musik kasidah.

Mengenal Musik Kasidah

Kasidah berasal dari kata qasidah dalam Bahasa Arab, yang artinya puisi, lagu atau nyanyian. Arti kasidah juga bisa dimaknai sebagai bentuk syair epik kesusastraan Arab yang dinyanyikan.

Lagu dan musik Kasidah memiliki syair-syair bertemakan agama Islam atau dakwah Islam. Biasanya kasidah bersifat pujian (satire, keagamaan) yang biasanya dinyanyikan atau dilagukan.

Kasidah juga bisa diartikan sebagai seni suara yang bernapaskan Islam, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam.

Biasanya lagu-lagu kasidah dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama-irama Timur Tengah dengan diiringi rebana. Rebana merupakan gendang berbentuk bundar dan pipih yang terbuat dari kayu, dibuat dalam bentuk lingkaran yang dilobangi pada bagian tengahnya kemudian di tempat yang dilobangi itu di tempel kulit binatang yang telah dibersihkan bulu-bulunya.

 

1
/
2