Mengenal Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu dari Pikiran 

Muhammad Sukardi
Jumat 21 Januari 2022 09:53 WIB
Mengenal Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu dari Pikiran 
Vaksin Covid-19 pada beberapa kasus menyebabkan efek samping pada tubuh. (celebrities.id/nypost)

JAKARTA, celebrities.id - Vaksin Covid-19 pada beberapa kasus menyebabkan efek samping pada tubuh. Penelitian terbaru mengungkapkan hal di luar perkiraan yang sangat mengejutkan yang disebut dengan Nocebo.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sekitar 77 persen dari mereka yang menerima dosis vaksin Pfizer, Moderna, atau Johnson & Johnson melaporkan setidaknya mengalami satu gejala non-lokal segera setelah divaksin, seperti sakit kepala, demam, kelelahan dan nyeri otot.

Tapi, studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open mengungkapkan bahwa hampir dua per tiga dari KIPI tersebut kemungkinan disebabkan oleh diri sendiri, yang peneliti sebut sebagai efek Nocebo.

Apa maksudnya?

Para ilmuwan di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston menemukan bahwa banyak sukarelawan dalam kelompok kontrol vaksin, penerima vaksin plasebo, mengaku menderita gejala mirip flu yang sama dengan kelompok yang divaksinasi.

"Gejala nonspesifik seperti sakit kepala dan kelelahan terdaftar sebagai KIPI yang paling umum terjadi setelah vaksinasi Covid-19 menurut banyak informasi yang beredar," kata penulis senior studi Ted J. Kaptchuk, profesor kedokteran di Harvard Medical School, dikutip dari New York Post, Jumat (21/1/2022).

Dia melanjutkan, bukti menunjukkan bahwa informasi semacam itu dapat menyebabkan orang salah mengartikan sensasi yang mereka alami pasca menerima suntikan vaksin.

Bahkan, bisa menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran yang membuat orang sangat waspada terhadap perasaan tubuh tentang efek samping vaksin.

Para peneliti menemukan bahwa penerima vaksin dan plasebo melaporkan KIPI pada level yang sama, masing-masing 22.802 dan 22.578 laporan, per data yang dikumpulkan dari 12 uji coba vaksin baru-baru ini.

 

1
/
2