Mengenal Non-Biner, Jenis Kelamin Baru Demi Lovato 

Muhammad Sukardi
Jumat 21 Mei 2021 10:27 WIB
Mengenal non-biner yang diucapkan Demi Levato. (Foto: Instagram @ddlovato)

JAKARTA, celebrities.id - Demi Lovato kembali memberikan pengakuan mengejutkan. Sebelumnya, Demi Levato mengaku sebagai panseksual. Kini, dirinya mengaku sebagai non-biner. Alhasil, ucapan Demi Levato pun menjadi sorotan dunia. 

Bahkan, banyak orang tak mengenal apa itu non-biner hingga akhirnya publik bertanya apa itu non-biner? Pembahasan mengenai gender jadi salah satu topik yang cukup rumit, juga kontroversial. Menurut Human Right Campaign, non-biner mengacu pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya hanya sebagai pria atau perempuan.

Artinya, mereka mengakui sebagai non-biner dapat mengidentifikasikan dirinya sebagai laki-laki, perempuan, di antara dua jenis kelamin tersebut, atau bukan bagian dari kategori jenis kelamin sama sekali.

Karena mengakui sebagai non-biner, Demi Lovato pun mengubah sapaannya. Dalam bahasa Inggris, seseorang akan disapa dengan kata sesuai dengan jenis kelamin seperti 'she/her' atau 'he/his'. Tapi, karena Demi Levato adalah non-biner, dia pun disapa sebagai 'they/them'.  

"Non-biner juga dapat digunakan sebagai istilah payung yang mencakup identitas seperti tak bergender, bigender, genderqueer, atau gender-fluid," tulis Human Right Campaign, dikutip USA Today, Jumat (21/5/2021).

 

1
/
2