Mengenal Patah Tulang Metatarsal, Momok Cedera yang Paling Ditakuti Pesepak Bola

Icon CameraWiwie Heriyani
Jumat 25 November 2022 15:26 WIB
Mengenal Patah Tulang Metatarsal, Momok Cedera yang Paling Ditakuti Pesepak Bola
Mengenal patah tulang metatarsal. (celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar telah digelar. Hampir semua pertandingan berjalan menegangkan dan sengit. Efeknya, beberapa pemain mengalami cedera.

Dari sekian banyak cedera yang kerap terjadi pada para pemain sepak bola, terdapat salah satu cedera yang paling ditakuti, yakni patah tulang metatarsal, apa itu?

Tidak hanya pernah dialami oleh para atlet sepak bola, juga pernah dialami oleh salah satu model sekaligus selebriti Tanah Air, Luna Maya. 

Lantas, apa itu patah tulang metatarsal? Dan seberapa bahaya jenis cedera satu ini sehingga sangat ditakuti oleh para atlet di lapangan hijau? Berikut ulasannya, dikutip dari Medline Plus, Jumat, (25/11/2022).

Menurut ahli di National Institutes of Health (NIH)-MedlinePlus, tulang metatarsal merupakan bagian tulang panjang pada kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kaki. Tulang ini membantu menyeimbangkan tubuh saat kita berdiri dan berjalan.

Metatarsal terdiri dari lima tulang. Dari kelima tulang tersebut, tulang metatarsal ke-5 yang menghubungkan tulang luar ke jempol kaki, merupakan tulang yang yang paling sering retak. 

Patahnya tulang metatarsal ke-5 ini juga disebut Jones fracture (fraktur Jones). Daerah tulang ini memiliki aliran darah yang rendah, sehingga membuat penyembuhan menjadi sulit.

NIH juga mengungkapkan, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab patah tulang metatarsal. Contohnya, pukulan atau benturan secara tiba-tiba, putaran yang parah pada kaki (severe twist), atau penggunaan yang berlebihan.  

 

1
/
2