Mengenal Pelat Nomor Kendaraan Putih, Direncanakan Aktif Juni Ini

Joshua Alexander
Kamis 16 Juni 2022 13:53 WIB
Mengenal Pelat Nomor Kendaraan Putih, Direncanakan Aktif Juni Ini
Mengenal pelat nomor kendaraan putih. (Foto: celebrities.id/iNews)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai perubahan warna pelat yang di rencanakan pada Juni 2022. 

Perlu diketahui bahwa di awal pelaksanaannya, tidak semua kendaraan bisa mendapatkan pelat baru tersebut. Kabarnya, yang diutamakan adalah kendaraan baru dan kendaraan yang akan memperpanjang pajak pelat tahunannya.

Untuk mengenal pelat nomor kendaraan putih lebih lanjut, berikut informasi lengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (16/6/2022).

Mengenal Pelat Nomor Kendaraan Putih 

Peraturan mengenai perubahan warna baru pelat nomor kendaraan menjadi putih masuk dalan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 45.

Brigjen Pol Yusri Yunus menyatakan bahwa perubahan warna dasar plat nomor kendaraan dari hitam ke putih akan memiliki manfaat bagi masyarakat, antara lain untuk mendukung sistem tilang elektronik berbasis kamera hingga parkir elektronik. 

Yusri pun membenarkan, ada penggunaan chip berteknologi Radio Frequency Identification (RFID). Di mana chip itu memiliki  manfaat yang baik bagi masyarakat. Dengan dimasukannya chip kedalamnya memudahkan petugas dalam menindak pelanggaran lalu lintas.

Dengan berlakunya chip didalam pelat nomor putih nantinya akan membantu membedakan antara pelat nomor asli yang dikeluarkan kepolisian dan pelat nomor buatan yang dibuat oleh pengrajin pelat.

Ada opini lain mengenai manfaat chip didalam pelat nomor putih ini, meski sedang tahap percobaan diharapkan chip ini bisa menjadi sarana pembayaran tol atau e-tol yang dapat memudahkan pembayaran bagi pengguna.

Editor : Tia Ayunita