Mengenal Perahu Ketinting, Alat Transportasi Khas Sulawesi Selatan yang Dipakai Lomba di Danau Matano

Laras Dwi Sasmita
Rabu 22 Juni 2022 20:19 WIB
Mengenal Perahu Ketinting, Alat Transportasi Khas Sulawesi Selatan yang Dipakai Lomba di Danau Matano
Perahu Ketingting khas di Sulawesi Selatan. (Foto: celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Di setiap negara sudah pasti ada perahu, termasuk di Indonesia. Ternyata, ada satu jenis perahu yang kerap dilakukan untuk dijadikan perlombaan. Perahu itu adalah perahu ketinting. 

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022). Perlombaan perahu ketinting menjadi salah satu tradisi unik dari Provinsi Sulawesi Selatan. Tak banyak yang tahu, ternyata tradisi ini merupakan acara tahunan yang biasanya untuk menyambut pergantian tahun. 

Perahu ketinting sendiri merupakan perahu yang didesain menggunakan motor luar dengan poros panjang terpasang di sisinya dan dapat dibenamkan ke dalam air atau diangkat ke permukaan air. 

Perahu yang didesain tidak terlalu besar ini memiliki beragam variasi mesin ada yang diisi oleh bensin ataupun solar sebagai bahan bakar. 

Lomba balapan perahu ketinting sendiri tiap tahunnya diadakan di Danau Matano, Luwu Timur. Hingga kini masyarakat Sulawesi Selatan masih kerap mengadapan perlombaan tersebut yang setiap tahunnya diikuti banyak peserta dari beberapa daerah. 

Penyelenggaraan lomba balap perahu tersebut pun kerap dijadikan masyarakat sekitar sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahim antar nelayan. Harapannya perlombaan perahu ketinting ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Danau Matano. 

Selain digunakan sebagai ajang perlombaan saja, namun juga banyak masyarakat Sulawesi memanfaatkan perahu ketinting sebagai sarana transportasi untuk penyebrangan antar sungai ataupun danau. 

Ketika musim liburan perahu ketinting biasanya disewakan pada wisatawan untuk berkeliling sambil menikmati keindahan panorama Danau Matano.

Editor : Hadits Abdillah