Mengenal Pigmy Basin Columbia, Jenis Kelinci Terlangka dan Terkecil di Dunia yang Dinyatakan Punah

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Rabu 11 Januari 2023 23:48 WIB
Mengenal Pigmy Basin Columbia, Jenis Kelinci Terlangka dan Terkecil di Dunia yang Dinyatakan Punah
Mengenal Pigmy Basin Columbia, Jenis Kelinci Terlangka dan Terkecil di Dunia yang Dinyatakan Punah. (Foto:celebrities.id/Odditycentral)

JAKARTA, celebrities.id - Kelinci menjadi hewan alternatif yang banyak dipelihara masyarakat, selain anjing dan kucing.

Kelinci memiliki perawakan yang sangat lucu dan menggemaskan, tak heran jika kelinci menjadi pilihan banyak orang sebagai hewan peliharaan.

Jenis kelinci pun cukup beragam, dari mulai Anggora, Rex, Mini Lop, Fuzzy Lop, Netherland Dwarf, Jersey Wooly, Satin, Lion, Polish, Tan, Himalaya, Holland Hop, Mini Satin dan lain sebagainya. Namun diantara banyaknya jenis kelinci, ada satu kelinci yang cukup menarik perhatian, yakni Kelinci Pigmy Basin Columbia.

Kelinci tersebut dikabarkan merupakan kelinci terkecil dan paling langka di dunia. Seperti yang dikutip Odditycentral, Rabu (11/1/2023) kelinci tersebut kabarnya hanya ada di wilayah Negara Bagian Washington, dan beratnya di bawah 500 gram.

Ada banyak ras kelinci domestik kecil untuk dipilih sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Sayangnya kelinci yang terkecil di dunia tidak bisa menjadi hewan peliharaan. Sebab, kelinci Pigmy Basin Columbia mudah gelisah dan gugup, dan tentunya alasan utama mengapa kamu kemungkinan besar tidak akan pernah memilikinya karena statusnya terancam punah.

Trah tersebut dinyatakan telah punah di alam liar pada 2001, saat 14 spesimen terakhir diambil dari habitat aslinya, kemudian dimasukkan dalam program penangkaran.

Namun, terlepas dari langkah para ilmuwan untuk melestarikannya, Kelinci Pigmy Basin Columbia tak lantas berkembang biak seperti yang diharapkan di penangkaran. Hal itu lantaran perkawinan sedarah dalam populasi yang kecil. Kabarnya DNA murni dari ras tersebut telah mati, namun ahli konservasi berhasil menyelamatkan ras tersebut dengan mencampurkannya dengan kelinci kerdil Idaho.

Kelinci Pigmy Basin Columbia memakan sagebrush hampir secara eksklusif di musim dingin. Karena hilangnya habitatnya yang kaya akan sagebrush untuk pengembangan pertanian dan kebakaran hutan, merupakan salah satu alasan utama kelinci tersebut dinyatakan punah, bersamaan dengan banyaknya pemangsaan.

Kelinci kerdil dewasa beratnya sekitar 375-500 gram, dan memiliki panjang tubuh antara 23,5-29,5 centimeter. Sementara Kelinci betina sedikit lebih besar dari jantan. Namun, tidak ada catatan tentang kelinci kerdil tersebut sebagai hewan peliharaan, dan jumlah mereka di alam liar pun terbilang sangat rendah.

Bila kamu ingin memiliki kelinci yang mungil, pilihan terbaik kamu yakni kelinci domestik terkecil yakni Kelinci Dwarf Belanda. Harganya berkisar Rp463 ribu - Rp1,3 juta, tergantung harga dari peternak.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News