Mengenal Pledis Entertainment, Agensi fromis_9 dan SEVENTEEN

Ratu Syra Quirinno
Selasa 02 Agustus 2022 07:17 WIB
Mengenal Pledis Entertainment, Agensi fromis_9 dan SEVENTEEN
Mengenal Pledis Entertainment. (Foto: celebrities.id/Instagram @pledisentertainment_)

JAKARTA, celebrities.id – Bagi penggemar Idola Kpop, nama Pledis Entertainment tentu sudah tidak asing. Namun, buat Celeb Hitz yang penasaran, yuk mengenal Pledis Entertainment.
 
Pledis Entertainment merupakan label rekaman dan agensi hiburan asal Korea Selatan yang didirikan pada 2007 oleh Han Sung-soo. Nama label rekaman ini berasal dari Pleiades, yakni gugus bintang di rasi bintang Taurus. Saat ini, wakil presidennya adalah Kim Yeon Soo.
 
Label tersebut merupakan tempat bernaung beberapa Kpop group seperti After School, SEVENTEEN, fromis_9, BooSeokSoon (Seventeen), Raina (After School), Han Dong Geun (Donny Han), Bumzu, Nana, Kaeun, Baekho dan Minhyun.
 
Adapun Son Dam Di adalah artis pertama yang debut di bawah Pledis. Dia juga dijuluki sebagai 'Rain versi perempuan' oleh media. Pada awalnya, agensi ini belum memiliki kantor manajemen, hanya ada ruang latihan.

Mengenal Pledis Entertainment

Artis-Artis Pledis Entertainment

Pada Januari 2009, Pledis mendebutkan grup vokal wanita pertamanya, After School. Sub unit resmi After School yang bernama Orange Caramel dibentuk satu tahun setelahnya yakni 2010. Oreange Caramel sendiri terdiri dari tiga anggota, yakni Nana, Lizzy, dan Raina.
 
Lalu, pada 15 Maret 2012, Pledis mendebutkan grup vokal pria pertamanya NU'EST dengan single berjudul "Face". Kemudian pada 9 Mei, Pledis mendebutkan grup vokal wanita keduanya Hello Venus dalam kemitraan dengan Fantagio.

Saat 28 Februari 2022, diumumkan bahwa kontrak eksklusif NU'EST dengan Pledis Entertainment akan berakhir pada 14 Maret 2022. Juga diumumkan bahwa anggota Aron, JR dan Ren akan meninggalkan agensi pada akhir kontrak mereka, sementara Baekho dan Minhyun memilih untuk memperbarui. Dengan berita kontrak mereka berakhir, anggota NU'EST mengkonfirmasi pembubaran grup melalui surat tulisan tangan kepada penggemar mereka, mengumumkan keputusan mereka untuk berpisah.

Akuisisi oleh Hybe Corporation

Sedangkan pada 25 Mei 2020, Hybe Corporation, yang sebelumnya bernama Big Hit Entertainment, secara resmi mengumumkan akuisisi pemegang saham mayoritas Pledis Entertainment. Kemudian diumumkan juga bahwa Pledis Entertainment akan menerima dukungan keuangan dan keahlian dari Hybe Labels saat masih beroperasi sebagai label independen.
 
Sejak 22 Maret 2021, Pledis Entertainment dan beberapa label lain yang merupakan bagian dari Hybe Labels, pindah ke kantor pusat barunya di Yongsan Trade Center, markas baru Hybe Corporation. Kemudian tanggal 31 Maret 2021, situs web resmi Pledis Entertainment mengubah alamatnya menjadi gedung baru di Yongsan, Seoul.

Editor : Lisvi Padlilah