Mengenal Ragam Pakaian Adat Betawi, dari Kebaya Encim hingga Baju Pangsi

Syifa Fauziah
Senin 20 Juni 2022 22:00 WIB
Mengenal Ragam Pakaian Adat Betawi, dari Kebaya Encim hingga Baju Pangsi
Kebaya encim yang biasa dipakai wanita Betawi. (Foto: celebrities.id/MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap daerah di Indonesia memiliki keberagaman suku dan budaya yang berbeda. DKI Jakarta misalnya, memiliki budaya yang berasal dari Betawi. 

Budaya Betawi ini perpaduan dari kebudayaan luar negeri, seperti budaya Barat, Melayu, dan Arab.

Sama dengan budaya lain, Betawi juga memiliki keunikan dari segi bahasa, pakaian adat dan ikon ondel-ondel yang sangat terkenal.

Kebudayaan Betawi saat ini memang sudah mulai luntur, terutama pakaian adatnya yang sudah mulai tergerus dengan fashion luar yang semakin digandrungi.

Namun, tidak ada salahnya kita untuk lebih mengenal mengenai pakaian adat budaya Betawi. Pakaian ini identik dengan corak dan warna yang mencolok. Selain itu juga bagi kaum hawa mengenakan kebaya sementara yang pria menggunakan baju koko.

Lantas apa saja yah ragam pakaian adat Betawi serta keunikannya? Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

Pakaian adat Betawi untuk wanita

1. Kebaya encim

Yang pertama kebaya encim yang merupakan baju adat Betawi. Baju kebaya Betawi ini biasanya menggunakan bahan yang tipis seperti sifon dengan warna-warna mencolok. Baju ini biasa digunakan oleh para wanita dalam keseharian mereka.

2. Kain batik

Baju kebaya itu dipadu padankan dengan kain batik yang dililit menjadi rok. Untuk motifnya batiknya sendiri khas Betawi dengan bentuk geometri dan masih dengan warna-warna yang mencolok.

3. Kerudung

Wanita-wanita dari suku betawi ini juga suka menggunakan kerudung yang disesuaikan dengan warna bajunya. Namun kerudung ini digunakan hanya disematkan di kepala dan tidak menutupi area kepala dan juga leher. Biasanya kerudung yang berbentuk selendang ini digunakan oleh wanita muda.

4. Pakaian pengantin wanita

Suku Betawi ini memang senang dengan warna-warna mencolok, begitu juga dengan baju adat pengantin yang diberi nama Rias Besar Dandanan Care None Pengantin Cine. Biasanya baju pengantin ini menggunakan warna terang seperti hijau, merah, kuning, dan lainnya.

Baju kebaya ini dipadu padankan dengan rok panjang model duyung yang biasa disebut dengan Kun.

Untuk menunjang penampilannya, kepala pengantin wanita dihias menggunakan kembang goyang dan juga tirai menutup wajah. Tak lupa aksesoris seperti gelang, anting, sanggul, dan melati digunakan.

 

Pakaian adat Betawi untuk pria

1. Sadariah

Sadriah atau baju koko merupakan pakaian yang khas dengan adat betawi. Biasanya para pria Betawi yang menggunakan sadriah itu dipadu padankan dengan celana batik dan sarung yang dikalungkan ke leher.

Tak lupa mereka juga menggunakan peci atau kopiah berwarna hitam untuk menunjang penampilan. Biasanya pria yang menggunakan pakaian adat ini disebut abang.

2. Baju pangsi

Baju pangsi juga salah satu pakaian adat dari Betawi. Pangsi berwarna hitam itu biasanya digunakan oleh pemuka masyarakat atau orang yang dituakan di daerah tersebut.

3. Pakaian Pengantin Pria

Pakaian pengantin pria khas Betawi disebut juga dengan Dandanan Care Haji. Baju ini menggabungkan beberapa budaya seperti Arab, Melayu, dan Tionghoa.

Saat acara pernikahan, pengantin pria memakai jubah panjang dan juga penutup kepala atau yang dikenal dengan sebutan alpie dengan warna mencolok yang senada dengan bajunya. Untuk bahannya sendiri baju tersebut biasanya menggunakan kain bludru. pengantin pria Betawi juga khas dengan bunga mawar dan melati yang disematkan di samping alpie.

Editor : Hadits Abdillah