Mengenal Rumah Blandongan, Hunian Betawi Tempo Dulu yang Masih Berdiri Tegak di Pinggiran Ibu Kota

Ilo Hermanto
Senin 19 Juli 2021 17:10 WIB
Rumah Blandongan atau Rumah Betawi Ora ini masih berdiri tegak di bilangan Sawangan, Depok. (Foto: celebrities.id/Ilo Hermanto)

JAKARTA, celebrities.id - Suatu siang di kawasan Sawangan, Depok. Sebuah rumah tua masih berdiri kokoh. Rumah itu populer disebut Rumah Betawi Ora. Nah, buat yang penasaran apa itu rumah Betawi Ora, simak penelusuran MPI berikut ini. 

Rumah tempo dulu ini dikenal dengan nama Rumah Blandongan atau Rumah Betawi Ora. Betawi Ora merupakan sebutan untuk etnis Betawi di selatan Jakarta yang konon banyak dipengaruhi oleh budaya Jawa, Sunda, China dan Melayu. 

Kata 'ora' ini disematkan karena orang Betawi di wilayah ini masih banyak menggunakan kata asal bahasa Jawa ini dalam dialog sehari-hari yang artinya 'tidak'. Bahkan kata ini lebih khas dibanding penggunaan kata 'ngak' atau 'nggak' pada etnis Betawi di Jakarta.

Rumah Blandongan ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, bangunan utama berbentuk panggung setinggi setengah meter dengan panjang dan lebar masing-masing 10 meter dan 8 meter.

Bangunan utama ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu bale terbuka di bagian depan, kamar tidur di bagian tengah, serta dapur dan pangkeng (gudang) di bagian belakang. Dapur yang masih menggunakan tungku dari tanah liat dengan bahan bakar masih menggunakan kayu bakar serta pangkeng berada di atas tanah.

Semua bagian bangunan utama tersusun dari tiang kayu pohon seperti nangka, kelapa atau jenis pohon tropis lainnya. Dinding disusun dari pagar anyaman bambu dihiasi beberapa jendela kayu, kecuali dinding bagian depan sudah mengalami renovasi dari kayu dicat coklat.

 

1
/
3