Mengenal Sejarah Klenteng Eng An Kiong Malang, Dibangun dari Donatur Masing-Masing Satu Gulden 

Icon CameraAvirista Midaada
Minggu 22 Januari 2023 08:34 WIB
Mengenal Sejarah Klenteng Eng An Kiong Malang, Dibangun dari Donatur Masing-Masing Satu Gulden 
Mengenal sejarah klenteng Eng An Kiong Malang. (Foto: celebrities.id/Avirista)

MALANG, celebrities.id - Klenteng dijadikan tempat beribadah masyarakat Tionghoa saat Imlek. Salah satu yang menarik perhatian adalah Klenteng Eng An Kiong Malang.

Rudi Phan Ketua pengelola yayasan Klenteng Eng An Kiong menuturkan, Klenteng Eng An Kiong telah berusia sekitar dua abad atau 200 tahun lebih, mengingat klenteng ini dibangun pada 1825. 

Awalnya, klenteng ini hanya dibangun sederhana dengan komposisi kayu secara sederhana. 

"Berdiri tahun 1825, hampir 200 tahun, dua abad hampir dulu bangsa Cina ini ke sini sudah ratusan tahun, di Jawa Tengah kelentengnya sudah 600 tahun Kelenteng Sam Po Kong," ucap Rudi Phan, Minggu (22/1/2023).

Masyarakat Tionghoa itu lantas bermukim dan membuat bangunan klenteng yang kini berada di Jalan Laksda Adi Martadinata, Kota Malang. Namun, kini kawasan permukiman Pecinan ini sudah berbaur dengan etnis lain, baik etnis Arab dan pribumi lainnya.

"Kalau dulu orang Chinese kan satu center (terpusat) orang dari mulut ke mulut di mana di Kota Malang, mereka mendirikan satu komunitas di daerah Pecinan ini sekarang sudah campur baur, ada orang Arabnya, orang Indonesia, dulu tahun 50an murni orang China semua," ujarnya.

Pendatang dari China ini mengarungi samudra hingga tiba di beberapa kota di Pulau Jawa mulai dari Semarang, Tuban, dan Surabaya. 

Sisanya sebagian menuju Malang dan membuat perkumpulan serta bermukim di Malang. Tak heran secara keterikatan sejarah dan budaya perkembangan kaum Tionghoa di Malang dengan Jawa Tengah.

"Sejak datang bawa (keluarga) dan peranak pinak di sini. Mereka berdagang, dulu naik perahu ratusan tahun lalu, laut masih tenang, nggak ada polusi nggak ada apa-apa, jadi berani dan menempati di pesisir pantai, Semarang, Surabaya, Tuban, sampai sini juga," tuturnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2