Mengenal Semi Automated Offside, Diaplikasikan di Piala Dunia 2022 Qatar

Icon CameraBernad Itoloni Harefa
Minggu 20 November 2022 13:41 WIB
Mengenal Semi Automated Offside, Diaplikasikan di Piala Dunia 2022 Qatar
Mengenal Semi Automated Offside, diterapkan dipertandingan Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: celebrities.id/Instagram @arbitroregional)

DOHA, celebrities.id - Mengenal semi automated offside piala dunia 2022 rupanya menarik disimak. Pasalnya, Semi Automated Offside System atau SAOT itu akan menggantikan sistem VAR (video asisten referee) yang selama ini digunakan federasi sepak bola dunia (FIFA).

Penerapan SAOT sendiri bisa dikatakan sebuah perubahan kecil tetapi berdampak besar juga bagi sebuah pertandingan sepak bola. Adapun sistem tersebut pertama kali diperkenalkan FIFA pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Melansir dari berbagai sumber pada Minggu (20/11/2022), celebrities.id telah merangkum informasi yang membantu Celeb Hitz untuk mengenal semi automated offside piala dunia.

Mengenal Semi Automated Offside Piala Dunia

SAOT memiliki 12 kamera yang akan mendeteksi posisi bola dan masing-masing pemain. Bahkan, ada 29 titik data berbeda pada anggota badan dan ekstremitas masing-masing pemain. Semua rekaman dari kamera tersebut dijadikan untuk penilaian karena hasil rekamannya lebih baik dan lebih jelas.

Dengan adanya SAOT di piala dunia ini, banyak orang mengatakan bahwa pertandingan akan dinilai lebih adil dan hasilnya akan cepat diputuskan. Sehingga, semua penonton atau penggemar sepakbola tidak perlu lagi khawatir dengan hasilnya.

SAOT bertugas melengkapi tugas VAR, dengan berfokus pada situasi offside. Bila terjadi offside, sistem ini akan mendeteksi dengan detail lebih baik dari VAR lewat rekaman video.

Rekaman Offside kini tak hanya dilihat dari bagian tubuh pemain, tapi sudah mengarah ke detail yang lebih mendalam. Apalagi dengan ukuran jarak sentimeter bahkan milimeter.

Lalu, rekaman akan ditampilkan di layar di dalam venue, serta dibagikan ke TV untuk menampilkan ke penggemar yang menonton di rumah.

“Teknologi ini adalah puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim, pemain, dan penggemar yang akan berangkat ke Qatar akhir tahun ini. dan FIFA bangga dengan pekerjaan ini, karena kami menantikan dunia melihat manfaat dari teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia FIFA 2022,” tulis penjelasan FIFA.

Itulah ulasan mengenal semi automated offside piala dunia. Temukan informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id.

Editor : Lisvi Padlilah