Mengenal Somyot Poompanmoung, Presiden Federasi Sepak Bola Thailand yang Tegas Perangi Mafia Pengaturan Skor

Ilham Sigit
Rabu 29 Desember 2021 23:01 WIB
Mengenal Somyot Poompanmoung, Presiden Federasi Sepak Bola Thailand yang Tegas Perangi Mafia Pengaturan Skor
Somyot Poompanmoung adalah presiden federasi sepak bola Thailand (FAT) yang sangat concern memerangi mafia pengaturan skor. (Foto: The Nation)

JAKARTA, celebrities.id – Partai final Piala AFF 2020 antara Thailand dan Indonesia menjadi adu gengsi dua pemimpin federasi sepak bola yang merupakan Jenderal Polisi. 

Publik Indonesia tentu sudah mengenal sosok Mochamad Iriawan. Lalu, siapakah sosok Somyot Poompanmoung yang kini menjabat sebagai presiden federasi sepak bola Thailand (FAT).

Sebagaimana PSSI, FAT juga dipimpin oleh seorang mantan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal. Somyot mundur dari Polisi Kerajaan Thailand dan diangkat menjadi Presiden FAT pada 2016. 

Pria berusia 66 tahun itu menggantikan presiden sebelumnya, Worawi Makudi yang kini masih diselidiki oleh FIFA. 

Somyot berambisi ingin membersihkan sepak bola Thailand dari campur tangan mafia. Terbukti, baru menjabat sebagai presiden baru, Timnas Thailand langsung menjuarai Piala AFF 2016 usai mengalahkan Indonesia di partai puncak. Menariknya, laga tersebut merupakan partai antara kepolisian dan tentara karena PSSI saat itu dipimpin oleh seorang berpangkat Letnan Jenderal TNI, Edy Rahmayadi.

Somyot dikenal sebagai sosok yang anti terhadap pengaturan skor. Pada 2017 silam, dia pernah membuat langkah yang membuat para mafia bergidik ketakutan.

 

1
/
2