Mengenal Sosok Bjorka, Hacker yang Namanya Banyak Dipakai Orang Swedia

Muhammad Sukardi
Rabu 21 September 2022 18:40 WIB
Mengenal Sosok Bjorka, Hacker yang Namanya Banyak Dipakai Orang Swedia
Ulah hacker Bjorka bikin heboh masyarakat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Nama Bjorka belakangan ini mengusik media sosial Indonesia pagi-malam. Bahkan, kemunculan Bjorka di internet membuat gaduh banyak pihak, termasuk kepolisian yang kini masih terus mencari sosok Bjorka.

Bjorka pertama kali muncul ke media sosial dengan membocorkan data pelanggan Tokopedia pada April 2020. 

Data disebar Bjorka di situs berbagi bocoran breached,to. Data tersebut antara lain user ID, password, email hingga nomor telepon.

Namun, yang paling gempar adalah Bjorka membocorkan 105 juta data kependudukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 6 September 2022. Sejak saat itu perhatian banyak diberikan untuk Bjorka.

Mendapatkan panggung dari publik, Bjorka kembali berulah dengan membocorkan data pribadi dua menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Popularitas Bjorka kembali mencuat saat beberapa orang diduga adalah Bjorka, sampai ada pria di Madiun diduga Bjorka. Lantas, siapa Bjorka?

Belum ada yang bisa memastikan siapa Bjorka hingga saat ini. Para pakar dengan segala analisis yang dimiliki pun belum bisa memastikan siapa Bjorka sesungguhnya.

 

1
/
2