Mengenal Sosok Mak Erot, Pengobatan Alternatif Alat Vital Pria yang Melegenda

Budi Setiawan
Senin 06 September 2021 15:39 WIB
Mengenal Sosok Mak Erot, Pengobatan Alternatif Alat Vital Pria yang Melegenda
Menegnal sosol Mak Erot. (Foto: celebrities.id/YouTube)

SUKABUMI, celebrities.id – Siapa yang tak mengenal Mak Erot? Legenda pengobatan alternatif alat vital pria asal sukabumi, Jawa Barat. Nama Mak Erot rupanya tak hanya dikenal di dalam negeri, tapi juga luar negeri. 

Walaupun Mak Erot sudah meninggal pada tahun 2008 silam, kemampuan untuk mengobati keluhan vitalitas pria ini telah diwariskan kepada keturunannya. Hingga saat ini, ada empat anak Mak Erot yang meneruskan praktik pengobatan tersebut. Selain itu, ada pula cucu Mak Erot yang meneruskan pengobatan alternatif ini.

Setiap hari peminat yang datang untuk berobat ke tempat ini selalu ada. Sebelum diberikan pengobatan, setiap pasien yang datang terlebih dahulu akan ditawari berbagai ukuran dengan menggunakan media kayu yang mirip dengan alat vital pria.

Proses pengobatannya pun masih sama, dimulai dari proses dipijat, hingga diharuskan mengkonsumsi terong dan ketan hitam yang dibungkus potongan bambu, serta diberikan ramuan yang terbuat dari 141 akar. 

Selain itu, proses pengobatan pun dibantu dengan doa khusus. Selama pengobatan, prosesnya dilakukan secara alami serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ketenaran Mak Erot dalam pengobatan tradisional pijat alat vital membuat banyak pihak yang menggunakan namanya untuk menarik pelanggan. Padahal belum tentu orang yang menggunakan nama Mak Erot memiliki metode yang sama atau mewarisi ilmu dari mak erot. 

Menurut keluarga, Mak Erot hanya mewarisi ilmu tersebut kepada keturunannya saja. Selain itu, keluarga telah mempatenkan brand Mak Erot ke hak atas kekayaan intelektual atau HAKI. Bahkan telah memiliki sertifikat hak paten dari HAKI.

Selain masyarakat biasa, banyak pula sejumlah artis hingga pejabat yang datang ke pengobatan alternatif ini, bahkan ada pula pasien yang datang dari luar negeri. Hal itu dibenarkan tetangga Mak Erot yang pernah melihat hingga mengantar para pasien tersebut.

Tempat pengobatan alternatif Mak Erot ini hanya ada di kampung Cigadog, Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, pihak keluarga juga membuka tempat praktek di Pondok Gede yang langsung ditangani langsung oleh cucu Mak Erot, yakni Haji Saefullah.

Editor : Endang Oktaviyanti