Mengenal Stasiun Bogor, Warisan Belanda Berusia 150 Tahun

Litbang MPI
Rabu 14 September 2022 15:01 WIB
Mengenal Stasiun Bogor, Warisan Belanda Berusia 150 Tahun
Mengenal Stasiun Bogor yang sudah menjadi warisan Belanda berusia 150 tahun. (Foto: Okezone)

BOGOR, celebrities.id - Bagi pengguna setia kereta api commuter line atau KRL, Stasiun Bogor merupakan salah satu stasiun penting yang menjadi pemberhentian utama KRL. 

KRL yang berada di stasiun ini melayani rute Bogor-Jakarta Kota dan sebaliknya dengan panjang jalur 54,823 km. Dilansir dari beragam sumber, Rabu (14/9/2022), di rute ini, dari Stasiun Bogor, KRL melewati setidaknya 22 stasiun pemberhentian sebelum sampai di Stasiun Jakarta Kota. Selain melayani rute Bogor-Jakarta Kota, stasiun ini juga mengoperasikan KRD (Kereta Rel Diesel) dengan rute Sukabumi-Bogor.

Menjadi stasiun penting bagi masyarakat Bogor dan Jabodetabek, Stasiun Bogor mempunyai arsitektur kuat dan menawan khas era kolonial. Melansir laman Heritage KAI, stasiun ini resmi menjadi bangunan cagar budaya pada 26 Maret 2007, sesuai dengan SK Menbudpar No PM:26/PW.007/MKP/2007. 

Dulunya, stasiun ini merupakan terminal pemberhentian paling ujung bagi jalur kereta api Batavia-Buitenzorg (sekarang Bogor). Bangunan stasiun ini dibangun oleh perusahaan kereta api milik pemerintah Hindia Belanda bernama SS (Staats Spoorwegen). 

Sejarah mencatat, jalur kereta api di stasiun ini mulai beroperasi sejak tahun 1872. Baru kemudian, bangunan stasiun tersedia di tahun 1881, demi menampung penumpang yang jumlahnya semakin banyak. Meskipun usianya sudah melampaui 100 tahun, namun bangunan stasiun seluas 5.955 meter persegi ini masih kokoh berdiri. 

 

1
/
2