Mengenal Surat Izin Mengemudi di Indonesia, Ada yang Diperuntukkan untuk Disabilitas

Rio Chandra Putra Pratama
Sabtu 08 Januari 2022 16:39 WIB
Mengenal Surat Izin Mengemudi di Indonesia, Ada yang Diperuntukkan untuk Disabilitas
Mengenal jenis Surat Izin Mengemudi di Indonesia. (Foto: MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap pengendara kendaraan di Indonesia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Terutama, jika mereka memiliki kendaraan sepeda motor, mobil, kendaraan umum, maupun kendaraan pengangkut barang.

Kewajiban memiliki SIM sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 77. SIM sendiri terdiri atas beberapa jenis yang di kategorikan berbeda yang disesuaikan dengan kendaraannya sebagai tanda izin pengemudi.

Dikutip Daihatsu, Sabtu (8/1/2022) berikut jenis-jenis SIM dan golongannya yang berlaku yang diterbitkan oleh kepolisian dan negara di Indonesia:
 
1. SIM D

Jenis SIM ini diberikan kepada pengemudi yang menyandang disabilitas atau kebutuhan khusus. Meski demikian, tes tetap dilaksanakan dan wajib lulus untuk mendapatkan jenis SIM ini. 

Hanya saja mungkin tes yang diberikan juga akan disesuaikan dengan disabilitas yang disandang, namun tetap mempertimbangkan kualifikasi berkendara. 

2. SIM C

Jenis SIM wajib bagi kendaraan roda dua, berlaku untuk mengemudikan sepeda motor dengan kapasitas sampai 250 cc. Syarat untuk bikin SIM C harus berumur minimal 17 tahun, SIM C juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

- SIM C1: adalah jenis SIM C yang diberikan untuk pengendara dengan motor di bawah 250 cc.

- SIM C2: merupakan SIM C yang diperuntukkan untuk pengemudi motor dengan cc diatas 250 cc hingga 500 cc.

- SIM C3: merupakan SIM C yang diperuntukkan untuk pengemudi motor yang cc motornya di atas 500 cc.

 

1
/
2