Mengenal Tari Indang Khas Sumatera Barat, Asal Usul dan Sejarahnya

Alifia Furaida Salsabila
Jumat 23 September 2022 16:04 WIB
Mengenal Tari Indang Khas Sumatera Barat, Asal Usul dan Sejarahnya
Mengenal Tari Indang. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal Tari Indang mulai dari sejarah dan asal usulnya untuk menambah pengetahuan kamu tentang tarian tradisional dari berbagai macam daerah.

Tari Indang merupakan jenis permainan tradisional yang berasal dari Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Permainan ini diikuti pemain berjumlah ganjil 9 hingga 25 orang. Para pemain akan duduk bersebelahan sembari memainkan Ripai atau Indang untuk mengiringi gerakan tari tersebut. Tari Indang merupakan kombinasi Islam dan Minangkabau. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak asal usul dan sejarah Tari Indang berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Senin (19/9/2022) telah merangkum asal usul dan sejarah tari indang sebagai berikut.

Asal Usul dan Sejarah Tari Indang

Pada abad ke-13 Syekh Buharuddin mempopulerkan tari Indang di Sumatera Barat. Pada saat itu Sumatera Barat menjadi jalur perdagangan antara pedagang Arab dan pedagang pesisir Tanah Minangkabau.

Tari Indang pada awal kemunculannya digunakan sebagai media dakwah untuk menyebarkan agama islam. Namun berkembangnya zaman, Tari Indang ini memiliki fungsi sebagai hiburan. 

 

1
/
2