Mengenal Terapi Al Kay, Pengobatan Alternatif yang Digunakan Rasulullah

Hasyim Ashari
Jumat 16 September 2022 18:57 WIB
Mengenal Terapi Al Kay, Pengobatan Alternatif yang Digunakan Rasulullah
Ustadz Febri Sugianto jelaskan terapi Al Kay, pengobatan alternatif yang digunakan Rasulullah. (Foto: celebrities.id/Hasyim Ashari)

JAKARTA, celebrities.id - Seiring berkembangnya dunia kesehatan, tidak sedikit orang yang masih mengandalkan pengobatan alternatif sebagai solusi penyembuhan penyakit.

Pengobatan alternatif ini ternyata memiliki banyak ragamnya. Salah satunya terapi Al kay yang pernah digunakan oleh Rasulullah zaman dahulu.

"Terapi yang digunakan Rasulullah yang tidak populer itu salah satunya Al Kay, pengobatan dengan besi panas," ucap Ustadz Febri Sugianto selaku pakar herba saat ditemui di acara Morning Update, Jumat (16/9/2022).

Ustadz Febri Sugianto menceritakan pada zaman dahulu, pengobatan tersebut biasa digunakan untuk menyembuhkan gigitan binatang berbisa atau rabies.

"Jadi besi dipanaskan lalu ditempelkan di bagian yang sakit. Nah, disini dikatakan oleh para ulama terapi ini direkomendasikan untuk gigitan binatang-binatang berbisa atau rabies," tuturnya.

Seiring perkembangan zaman, Ustadz Febri Sugianto menjelaskan bahwa terapi Al Kay mengalami perubahan cara kerja. 

"Tapi sekarang Al Kay ini tidak menggunakan besi panas. Biasanya pakai besi dikasih krim pemanas jadi ketika ditekan akan terasa panas atau kalau di pengobatan China itu dikenal dengan Moksa," tuturnya.

Editor : Imantoko Kurniadi