Mengenal Tumpas dan Bolu Batik Ginding, Kuliner Majalengka yang Gurih dan Lezat

Inin Nastain
Senin 17 Januari 2022 07:18 WIB
Mengenal Tumpas dan Bolu Batik Ginding, Kuliner Majalengka yang Gurih dan Lezat
Tumpas kuliner Majalengka yang gurih dan lezat. (Foto: celebrities.id/Inin)

MAJALENGKA, celebrities.id - Kreasi pelaku usaha kuliner di Kabupaten Majalengka terus menggeliat. Kreasi tersebut terjadi untuk semua jenis kuliner dari makanan berat sampai kudapan.

Uniknya, kreasi tersebut merupakan perpaduan antara kuliner mainstream dengan nilai kelokalan. Dengan perpaduan itu, para 'pengusaha' kuliner itu sukses mengahdirkan produk yang tidak saja membuat lidah bergoyang, tetapi juga ketagihan dengan cita rasanya.

Berikut kreasi yang dipastikan akan menjadi pengalaman baru para pecinta kuliner dalam memburu hobinya, Senin (17/1/2022).

1. Tumpas (nasi tutug hampas)

Tumpas kuliner Majalengka yang gurih dan lezat. (Foto: celebrities.id/Inin)

Bagi pecinta kuliner makanan berat, khususnya orang Sunda mungkin sudah tidak aneh lagi dengan Nasi tutug oncom (TO). Di Majalengka, ada kreasi baru dari pelaku usaha kuliner yang terinspirasi dari TO.

Tutug hampas atau disingkat tumpas, demikian nama dari hasil kreasi untuk makanan berat itu. Jika pada TO menggunakan oncom sebagai 'toping,' maka tumpas ini menggunakan hampas sebagai pelengkap.

Hampas merupakan ampas dari produk Kecap. Sebagai ampas dari Kecap, hampas memiliki cita rasa yang cukup unik. Warna hitam dengan ukuran mungil membuat Tumpas ini menghadirkan keindahan tersendiri.

Untuk menambah nafsu makan, Tumpas ini memiliki lauk tambahan, seperti sambel cumi, tumis katel (daun kacang) dan lain-lain.

"Mengangkat kekayaan lokal lewat hampasnya. Mengajak pecinta kuliner bernostalgia. Bagi kalangan milenial, di sana ada sambel cumi," kata Dini, kreator dari Tumpas.

Untuk mencoba sensasi tumpas, Dini siap melayani di kedainya yang terletak persis di belakang kantor Kecamatan Majalengka.

ย 

1
/
2