Mengenal Turkmenistan, Negara yang Dijuluki Korea Utara dari Asia Tengah

Icon CameraMirsya Anandari Utami
Minggu 02 Oktober 2022 23:48 WIB
Mengenal Turkmenistan, Negara yang Dijuluki Korea Utara dari Asia Tengah
Mengenak negara Turkmenistan. (Foto: celebrities.id/rferl)

JAKARTA, celebrities.id - Serangan Covid-19 menimpa hampir seluruh negara di dunia. Menurut data laporan WHO, telah ada 614 juta lebih kasus yang dikonfirmasi secara global tertanggal 39 September 2022. 

Angka ini termasuk dengan total 6,5 juta kematian yang dilaporkan ke WHO. Kasus Covid-19 menjadi permasalahan internasional, bahkan hingga ditetapkan sebagai pandemi.

Mengejutkannya, ada beberapa negara yang tidak terkena dampak pandemi ini dan melaporkan nol kasus sejak awal terjadinya pandemi. 

Salah satu negara yang tidak melaporkan kasus Covid-19 adalah Turkmenistan. Alhasil, data kasus Covid-19 Turkmenistan masih nol di laman WHO. 

Sama seperti Korea Utara, negara yang dipimpin oleh Serdar Berdimuhamedow ini cukup tertutup dari komunitas internasional sehingga sulit mendapat informasi tentang negara tersebut. 

Kemiripan sistem pemerintahan dan tertutupnya inilah yang membuat Turkmenistan dijuluki sebagai Korea Utara dari Asia Tengah. 

Sebagaimana diketahui, Turkmenistan merupakan salah satu pecahan Uni Soviet yang menyatakan kemerdekaannya pada 27 Oktober 1991. 

Negara dengan ibu kota Ashgabat ini adalah negara terbesar kedua di Asia Tengah, setelah Kazakhstan. Walaupun mempunyai wilayah yang luas, Turkmenistan adalah negara dengan populasi paling rendah di Asia Tengah. 

 

1
/
2