Mengenal Twitter Notes, Fitur Baru yang Bisa Tulis Lebih dari 280 Karakter

Devi Fitriani Rizky
Jumat 24 Juni 2022 15:23 WIB
Mengenal Twitter Notes, Fitur Baru yang Bisa Tulis Lebih dari 280 Karakter
Mengenal Twitter notes, fitur baru di Twitter. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Mengenal Twitter Notes, fitur terbaru dari Twitter untuk memungkinkan pengguna menulis lebih banyak.

Twitter Notes saat ini masih dalam tahap trial and error untuk pengguna di beberapa negara terpilih. Jika tidak ada masalah, nantinya Twitter Notes bisa dijadikan sebagai media dalam menghadirkan konten yang lengkap.

Selama ini Twitter membatasi jumlah karakter tweet hanya 140, kemudian dinaikkan menjadi 280 karakter. Konten yang di sediakan dalam Twitter Notes tersebut meliputi konten berupa tulisan, foto atau video di Notes secara otomatis muncul akan di timeline akun pengguna.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (24/6/2022), berikut lebih lanjut mengenai Twitter Notes.

Mengenal Twitter Notes 

Twitter Notes merupakan fitur blogging bentuk panjang baru dalam sebuah tweet, cara kerja Notes dijelaskan di unggahan di Twitter melalui dua GIF terpisah. Dari salah satunya terlihat pengguna mengklik tab 'Write' untuk mulai menulis notes, kemudian setelah selesai hasilnya bisa ditempel ke tweet.

Twitter baru menguji fitur blogging notes tersebut untuk sekelompok pengguna tertentu seperti di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Ghana serta bisa dibaca pengguna di sebagian besar negara. 

“Sejak pertama kalli berdiri, Twitter telah dimanfaatkan penulis untuk menyebarkan karya, agar dikenal, dibaca, sebagai tempat untuk berdiskusi, tetapi belum menjadi tempat untuk menulis," kata Rembert Browne, direktur editorial Twitter.

Notes bertujuan untuk mengisi kepingan yang hilang itu dan membantu para penulis mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Judul yang di berikan disini dibatasi hingga 100 karakter dan isi note dibatasi hingga 2.500 kata.

Cara Membuat Twitter Notes 

1.Buka Twitter dan masuk ke akun kamu.
2. Klik “Write” di bawah messages di menu navigasi kiri. Layar write akan muncul dengan semua draf kamu dan opsi untuk membuat note muncul.
3. Saat membuat Note, akan melihat pita pemformatan teks,  kemampuan untuk menambahkan foto sampul dan opsi untuk menyisipkan media, hadiah, tweet, melampirkan tautan, dan lain sebagainya.
4. Setelah selesai, kamu dapat menyematkan note ke dalam tweet dan mempublikasikannya.

Sebagai tambahan informasi, juga bisa dapat mengeditnya setelah diterbitkan. Namun pembaca akan dapat mengetahui bagaimana note telah diedit oleh label yang diedit di bagian atas.

Menemukan dan Membaca Notes

1.Buka Twitter dan masuk ke akun kamu.
2. Cari notes (dibagikan oleh orang yang kamu ikuti) di home timeline.
3. Jika kamu melihatnya, kamu akan dapat membacanya tanpa meninggalkan Twitter.
4. Kamu juga dapat menavigasi ke profil pengguna untuk membaca catatan mereka yang diterbitkan di bawah tab notes baru.

Membagikan Notes

1.Buka Twitter dan masuk ke akun kamu.
2. Lalu, arahkan ke note.
3. Pilih ikon bagikan.
4. Salin tautan atau kirim melalui direct message.
5. Terakhir, bisa juga dapat me-retweet dan mengutip tweet notes di timeline.

Editor : Tia Ayunita